Kemendag Harapkan Produk UMKM Tembus Dunia
Pasardana.id - Kementerian Perdagangan (Kemendag) berharap produk buatan Indonesia dapat diperdagangkan di Lazada setelah diakuisisi Alibaba. Bahkan, ini juga dapat dilakukan produk dari Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).
"Produk Indonesia pun harus mampu masuk dan bersaing melalui fasiltas yang ada pada perusahaan e-commerce ini," kata Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri Kementerian Perdagangan, Oke Nurwan di Jakarta, kemarin.
Untuk meraih pencapaian tersebut, UMKM harus melakukan inovasi pada produk-produknya. Sehingga, mereka dapat bersaing dengan produk-produk buatan asing.
Salah satu inovasi yang perlu dilakukan UMKM guna bersaing dengan produk luar negeri adalah kemasan. Hal ini perlu dibuat secara modern.
Sementara itu, investasi asing di e-dagang terus digenjot Kemendag dengan pemberian kepemilikan di sektor ritel hingga 67%. Malahan, ini bisa mencapai 100% asalnya bermitra dengan UMKM dengan 49% melalui sistem perdagangan market place.
Dari keterlibatan asing dalam perdagangan elektronik (e-dagang) lokal, usaha ini bisa mengikuti tren perdagangan di dunia. Bahkan, ini lebih maju ketimbang sebelumnya.
Saat ini, Kemendag sedang menyusun regulasi e-dagang untuk kepastian hukum bagi pelaku usaha. Tidak disebutkan kapan selesai dan penerbitannya.

