Ekspansi Produksi dan Variasi Produk Topang Kinerja ALTO
Pasardana.id - Peningkatan kapasitas produksi dan penambahan ragam produk minuman akan berhasil meningkatkan kinerja PT Tri Banyan Tirta Tbk (ALTO), produsen air mineral dalam kemasan bermerek ALTO. Investor pun berharap dua strategi ini akan menuai hasil.
ââÅ¡¬ÃƒÆ’…Dalam waktu dekat, kami melihat bahwa ALTO memiliki setidaknya dua mesin pertumbuhan, yaitu melalui peningkatan kapasitas dan perluasan penawaran produk,ââÅ¡¬ ucap analis PT Pemeringkat Efek Indonesia (Pefindo) Ahmad Nasrudin, dalam risetnya, Jumat (24/6/2016).
Fasilitas produksi ke-8 diharapkan akan dimulai pada tahun 2016, yang diyakini akan memberikan sebuah pijakan untuk tumbuh. Kapasitas produksi perseroan akan meningkat menjadi 1,2 miliar liter.
ââÅ¡¬ÃƒÆ’…Kami percaya hal tersebut akan menjadi pijakan menguntungkan bagi aliran pendapatan di tahun-tahun mendatang dan mendukung target perusahaan,ââÅ¡¬ imbuhnya.
Dari ekspansi di segmen minuman rasa, sudah mulai menampakkan hasil. Pada semester satu 2016, perusahaan membukukan pendapatan dari segmen ini sebesar Rp2,3 miliar, naik dari Rp13 juta di periode sama tahun lalu. Perusahaan meluncurkan 7 Gusto dan minuman kopi rasa.
ââÅ¡¬ÃƒÆ’…Secara keseluruhan, kami berharap perusahaan untuk menjual sekitar 249,6 liter pada tahun 2016, meningkat dari 263 juta liter pada tahun sebelumnya,ââÅ¡¬ urainya.
ALTO melaporkan, pertumbuhan 6,8% YoY atas pendapatan di Q1-2016 menjadi Rp75,8 miliar. Di bottom line, perusahaan juga melaporkan hasil positif pertama selama delapan kuartal terakhir dan membukukan laba bersih sebesar Rp0,5 miliar.
Sementara marjin laba kotor tetap stabil di sekitar 30%, biaya operasional menurun secara cukup besar (terutama dari beban penjualan) dan karenanya meningkatkan marjin usaha dari 8,8% di Q1-2015 menjadi 14,0% di Q1-2015.

