Presiden : Setiap Wilayah Harus Ada Kejelasan Programnya Apa, Fokusnya Dimana
Pasardana.id - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan bahwa sekarang bukan lagi era money follow function, dan harus berubah menjadi money follow program.
Oleh sebab itu, menurut Presiden, setiap wilayah harus ada kejelasan programnya apa, fokusnya di mana, dan setiap kota, setiap kabupaten, dan setiap provinsi mestinya fokusnya berbeda-beda.
"Misalnya, seorang Gubernur, Bupati dan Wali Kota baru fokus saja. Tahun pertama, saya mau menyelesaikan fisik-fisik jalan, uang fokuskan di situ, kontrol yang baik pelaksanaannya, cek yang baik. Tahun kedua, saya mau pasar tradisional, pasar dirampungi selama setahun, anggaran dikonsentrasi di situ. Tahun ketiga misalnya, fisik-fisik sekolah, pasti jadi barang, pasti bisa dilihat masyarakat, pasti akan bermanfaat. Kalau semuanya diecer-diecer, dibagi-bagi rata, baunya tidak akan ada, apalagi fisiknya. Hentikan hal-hal yang seperti itu," tutur Presiden Jokowi, saat menutup acara Musyawarah Perencanaan Pembangunan Nasional (musrenbangnas) Tahun 2016 di Istana Negara, Jakarta Pusat, Rabu (11/5/2016).
Pada level selanjutnya, sambung Presiden, hal yang harus dilakukan adalah perbaikan fokus Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) yang terkonsentrasi pada pasar tradisional. Caranya, dengan memperbaiki manajemen pedagang, marketing, koneksi antar pasar dan sebagainya.
"Ketiga, pembangunan brand, positioning dan differensiasi provinsi, kota, dan kabupaten bisa dilakukan dengan fokus pada salah satu hal," jelas Jokowi.
Presiden Jokowi lantas memberi contoh Kota Sunnyland di Amerika Serikat yang super fokus pada olahraga golf dan saat ini mempunyai 37 padang golf.
"Pendekatan yang sama bisa diadopsi di Indonesia. Palembang yang sudah fokus pada olahraga, akan lebih bagus lagi jika bisa super fokus, dan ada mempunyai sub-fokusnya," ujar Presiden Jokowi.
Hal sama, menurut Presiden, juga bisa dilakukan di Bima, Nusa Tenggara Barat (NTB) yang mempunyai banyak atlet lari. Bima, kata Presiden, bisa konsentrasi di bidang atletik, dengan membuat jogging track sebanyak-banyaknya sehingga bisa menjadi brand dengan positioning langsung dan differensiasi yang jelas.
"Semakin ke depan, visi ke depan, kota yang super fokus yang akan memenangkan pertarungan, persaingan, kompetisi. Kalau fokusnya ada. Karena lebih efisien. Pelabuhan yang konsentrasi pada produk tertentu juga akan memenangkan kompetisi karena pasti lebih efisien, masalah gampang ditangani karena fokus," tandas Presiden.

