Bab 1 Investasi DCA, Menghasilkan Profit Meskipun Saat Nilai Tinggal Separuh

Bab 1 Investasi DCA, Menghasilkan Profit Meskipun Saat Nilai Tinggal Separuh

 

1. “Beli murah, jual mahal”

 

Banyak orang berpikir investasi itu “beli murah, jual mahal”, bukan? Sebenarnya dengan pengaruh cara berpikir seperti ini mengenai investasi, kita dapat melihat banyak orang mengatakan bahwa “investasi merupakan permainan untuk membeli harga yang paling murah” dan “yang paling penting dalam investasi adalah timing.” Dan, dari konsep “permainan harga” ini lalu kita dapat melihat bahwa banyak orang yang berpikir “investasi itu judi”.

Sayang sekali jika orang berpikir bahwa “investasi adalah judi”, padahal mereka perlu memikirkan mengenai ‘uang’.

figure1: even at half price

2. Walaupun pada saat setengah harga kita tetap dapat profit

 

Lihatlah grafik (grafik 1) di atas. Grafik ini menunjukkan fluktuasi produk finansial dalam 10 tahun. Contoh kita memilih reksa dana A.

Kita mulai pada produk ini dengan Rp. 10,000. 7 tahun kemudian, harga turun sampai Rp. 2,000 dan setelah itu kebalikannya. Setelah lebih dari 10 tahun menjadi Rp. 5,000. Menjadi setengah harga setelah 10 tahun.

 

Di reksa dana ini, jika kita investasi dalam 10 tahun, dana akan menjadi setengah harga. Bagainana jika kita melanjutkan investasi dengan nilai yang tetap setiap bulan dalam 10 tahun? Jika kita investasi setiap bulan, kita akan berinvestasi sebanyak 12 kali. Jika kita investasi dalam 10 tahun, akan menjadi 120 kali. Jika kita investasi dengan tetap dalam 120 kali, apakah akan menjadi rugi?

 

Jawabannya adalah “Profit”

 

Walaupun nilai menjadi setengah harga dari ketika kita mulai, jika kita investasi setiap bulan, kita dapat menghasilkan profit.

 

Orang yang berpikir bahwa investasi adalah “beli murah, jual mahal” mungkin akan kaget, karena sebenarnya ketika kita mulai menggunakan instrumen finansial, walaupun nilai awal ketika kita mulai investasi menjadi setengah harga, kita akan tetap mendapatkan profit. Hal ini ditunjukkan pada gambar 2.

 

Di dalam ‘investasi DCA’, hasil instrumen finansial dengan hasil investasi adalah tidak sama. Jika kita investasi tiap bulan, jika kita berpikir ‘beli murah, jual mahal’ dan hanya melihat pada waktu jual dan mahal maka hal ini kurang benar.

Dengan kata lain, jangan khawatir mengenai cara berpikir seperti ‘investasi bergantung pada waktu memulainya’.Saya berpikir bahwa orang yang ingin membeli investasi dengan harga murah, mereka akan bingung mengenai ‘waktu untuk membeli’. Tetapi, jika kita dapat investasi setiap bulan, kita tidak perlu bingung.

figure 3: when should I start?

 

 

 

3. Jangan pernah khawatir mengenai waktu

 

Cek kuis berikut ini. Ditunjukkan pada gambar 3 mengenai fluktuasi reksa dana. Jika anda melakukan investasi DCA dalam 10 tahun, jika anda mulai dari waktu A/B/C/D/E, hasil mana yang paling baik?

 

Ternyata, hasilnya adalah C. Jika kita membuat urutan menurut profit, urutannya akan menjadi C/D/B/E/A. Apakah anda tahu alasan kenapa hasil C lebih baik daripada D dan B lebih baik daripada E?

 

Kesimpulannya adalah, kita harus berpikir bahwa investasi DCA adalah ‘beli murah, jual mahal’ dan kita tidak perlu berpikir mengenai waktu mulai.

 

Ketika ‘investasi DCA’ dikumpulkan sedikit-sedikit setiap bulan, hasil dari produk yang diinvestasikan dan pencapaian investasinya menjadi beda. Seperti investasi pada saat ini, jika kita hanya melihat hasil produk, kita bisa salah membaca perolehan investasi. “Investasi DCA” berbeda dengan ‘beli murah, jual mahal’, dunia investasi menjadi semakin besar.

 

Gambar 5: Jumlah uang saat ini – Uang Masa Depan

Figure 5 Present Amount of Money-Future Money

Jadi penjelasan mengenai “investasi DCA” adalah bukan mengenai penyimpanan uang atau dana yang ada saat ini, tetapi ini adalah teknik investasi untuk melahirkan “uang masa depan” dari gaji atau pendapatan dari real estate. Investasi “uang masa depan” adalah berbeda dengan investasi yang kita lakukan sampai sekarang, hasil dari produk investasi dan pencapaian investasi tidak sesuai, dan ini tidak menjelaskan mengenai karakteristiknya. Oleh sebab itu mengapa, saya ingin menjelaskan dengan simpel dan mudah utuk dimengerti mengenai investasi ‘uang masa depan’ yang mana setiap orang dapat melakukannya dan hal ini tidak pernah dijelaskan oleh siapa pun. Dengan ini, pemikiran anda akan berubah mengenai investasi.

 

Selanjutnya: Bab 2 Efek “Selamat Dari Harga Jatuh”

Kembali ke Indeks.