Pengantar: Lebih Jauh Soal Investasi Reksa Dana

Saya ingin memulai investasi di reksa dana, tapi pilih mana saya tidak mengerti
Pertama-tama, 7 pertanyaan yang anda harus jawab

Pelajaran praktek money plan Morningstar

“Ingin ikut Reksa Dana tapi tidak tahu mana yang bagus”

Hari ini, saat ini juga merupakan kesempatan bagi kita untuk memikirkan soal uang, apakah kita sudah paham bagaimana mengelola seluruh keuangan kita, dan seberapa siap kita menyongosong masa depan kita.

Dalam seri ini, Tomoya Asakura sebagai pimpinan Morning Star Japan, salah satu perusahaan penasehat dan penilai investasi Reksa Dana, akan memberikan pengetahuan bagi para pemula dari bagaimana tata cara mengelola keuangan yang baik sampai cara memilih Reksa Dana yang tepat. Nah, apakah sekarang Anda sudah tepat dalam mengelola keuangan Anda?

Reksa dana adalah produk untuk siapa?

 

Tomoya Asakura.

CEO Morning Star Corporation. Lulusan Fakultas Sastra di Universitas Keio pada tahun 1989. Setelah bekerja sebagai konsultan keuangan di bank dan perusahaan sekutitas, beliau melanjutkan studinya ke Illinois University dan mendapatkan gelar MBA pada tahun 1995. Setelah itu beliau bekerja di Softbank Co. Ltd, di bagian keuangan yang menangani urusan pengadaan dana, manajemen keuangan, serta juga sebagai penanggung jawab persiapan dan perencanaan pendirian anak perusahaan. Pada 1998, beliau ikut serta dalam perencanaan pendirian Morningstar Corporation dan bekerja di Morningstar Amerika, dan dari tahun 2004 sampai saat ini bekerja di Morningstar Jepang. Sebagai perusahaan analisa reksa dana, memberikan pelayanan seperti informasi investasi secara netral dan objektif, dan berusaha dalam memberikan saran yang akurat kepada investor untuk membantu mereka mengembangkan dana mereka. Beberapa buku yang pernah ditulis: “Hal yang paling ingin diketahui dalam memilih reksadana (New Version)”, “Hal yang paling ingin diketahui dalam memilih reksadana, memulai pada umur 30an”, “Teori baru agar investasi tidak kalah pada pasar yang sedang lesu” (Versi Koran Asahi).

Twitter klik di sini https://twitter.com/tomoyaasakura
Facebook klik di sini https://www.facebook.com/tomoyaasakura

Salam hangat bagi semua pembaca Indonesia! Saya Tomoya Asakura dari Morningstar Japan. Dalam kesempatanan ini saya ingin berbagi materi pelajaran yang saya berikan juga pada para pembaca di Jepang. Mungkin ada beberapa aspek yang tidak sama persis dengan di Indonesia, namun saya harap materi ini dapat membantu para pembaca Indonesia dalam mendapat gambaran mengenai investasi reksa dana.

Dengan adanya Abenomics, ekonomi Jepang saat ini sedikit demi sedikit mulai menunjukan gairahnya kembali. Hal ini membuat pasar investasi mulai mengalami tren positif di saat orang yang dahulu menekan menahan berinvestasi saham kini mulai terbuka kembali, lalu pengaruh dimulainya NISA sejak tahun 2014 membuat banyak orang yang mulai berinvestasi. Banyak investor individu yang berharap banyak pada situasi sekarang ini.

Sebagai instrumen pasar modal yang populer di kalangan investor saham individual, “Reksa Dana” merupakan yang paling banyak menarik perhatian setelah investasi saham pribadi. Dikelola oleh Manajer Investasi (Fund Manager) serta dapat dimulai meskipun dengan modal yang kecil, serta memberikan kenyamanan dengan tidak hanya ditangani oleh perusahaan sekuritas, tetapi juga bank, kantor pos, dan lembaga keuangan lainnya, merupakan faktor yang mendukung popularitas Reksa Dana.

Saya bekerja sebagai pimpinan Morning Star yang merupakan perusahaan pihak ketiga yang memberikan penilaian terhadap Reksa Dana. Posisi saya di sini merupakan advisor bagi para investor saham individual seputar masalah Reksa Dana. Diantara sekian banyak masalah, yang sering saya temui adalah banyak dari investor saham individual yang mempunyai minat terhadap Reksa Dana tapi tidak tahu yang mana yang harus dibeli.

Saat ini perusahaan yang tercatat di Bursa Saham Tokyo mencapai 3800, dan tentunya pasti anda bisa bayangkan jumlah sebanyak itu. Bahkan orang yang sudah mengerti mengenai saham akan terkejut melihat jumlah tersebut, apalagi bagi para pemula. Apakah Anda tahu berapa banyak Reksa Dana yang muncul di pasar keuangan dalam negeri Jepang saat ini?

Dalam memilih Reksa Dana, diperlukan ketangkasan dalam memilih. Di dalam seri ini kami bermaksud memberitahu seperti apa ketangkasan yang diperlukan, dan tidak sulit, mengingat pengetahuan yang akan kami berikan akan bermanfaat seterusnya jika sudah mengetahuinya. Jadi jangan ragu untuk mempelajarinya.

Nah, mari kita mulai dari pemanasan terlebih dahulu. Dari 2 tipe investor berikut ini, tipe manakah Anda?

Selanjutnya: Tipe-tipe investor