Cara Memilih Reksa Dana yang Baik

foto : istimewa

Pasardana.id - Apakah Anda sedang berpikir untuk berinvestasi dalam reksa dana, tetapi tidak cukup yakin untuk memilih mana yang lebih baik dan sesuai dengan yang anda butuhkan.

Jika ya jawaban Anda, berarti Anda tidak sendirian. Tetapi, sesungguhnya proses pemilihan tersebut lebih mudah dari yang anda bayangkan.

Dilansir dari situs investopedia.com, berikut beberapa tips dan cara anda untuk memilih reksa dana yang cocok dan sesuai dengan kebutuhan anda.

1. Mengidentifikasi Hasil dan Toleransi Resiko

Sebelum mendapatkan bagian dari dana manapun, seorang investor haruslah mengidentifikasi tujuan dia menginvestasikan uangnya. Apakah pendapatan capital jangka panjang, ataukah pemasukan berkala? Apakah untuk membayar biaya pendidikan ataukah sebagai instrument pensiun kedepannya?

2. Mengidentifikasi tujuan anda sangat penting karena akan membantu anda untuk menyeleksi lebih dari 8.000 macam reksa dana.

3. Dan juga, investor haruslah mempertimbangkan masalah toleransi resiko dari sebuah reksa dana. Apakah investor mampu untuk melihat nilai yang dengan drastik naik turun? Atau lebih memilih untuk melihat nilai yang cenderung stabil?

Mengidentifikasi toleransi resiko sangatlah penting sehingga tidak mengganggu jam tidur dari seorang investor.

4. Yang terakhir adalah, masalah lamanya tenggang waktu yang akan di cantumkan. Seorang investor haruslah memikirkan berapa lama mereka bisa tahan untuk mengikat uang mereka, atau jika mereka mengantisipasi kecemasan likuiditas untuk kedepannya.

Ini dikarenakan reksa dana mempunyai denda penjualan yang mungkin akan memakan sebagian besar return yang akan di terima oleh seorang investor dalam jangka pendek.

Idealnya, investor diharapkan untuk memegang masa tenggang investasi minimal 5 tahun atau lebih.

Gaya dan Tipe Reksa dana

Jika seorang investor ingin menggunakan uangnya untuk digunakan kebutuhan jangka panjang dan bersedia untuk mentoleransi nilai yang cukup beresiko dan rentan berubah-ubah, maka tipe reksa dana yang cocok untuk investor tersebut adalah tipe Reksa dana Appresiasi Kapital.

Tipe reksa dana ini memegang presentase yang cukup tinggi sebagai aset di bursa, tetapi dapat digolongkan sebagai reks dana yang cukup mudah untuk berubah-ubah.Tipe ini juga mempunyai potensial untuk memberikan hasil yang terbilang cukup tinggi.

Selanjutnya, jika seorang investor ingin mendapatkan current income, seorang investor haruslah memilih reksa dana yang tergolong income fund, seperti government and corporate debt, dan juga akan ada waktu ketika seorang investor mempunyai kebutuhan jangka panjang, tetapi tidak ingin untuk mengambil resiko yang cukup tinggi. Dalam hal ini, reksa dana yang tergolong seimbang, dimana berinvestasi dalam saham dan obligasi. (Stevandy Clawira)