Pelaku Usaha Fesyen Harus Peka Manfaatkan Omnichannel untuk Penjualan
Pasardana.id – Menteri Perdagangan (Mendag) Budi Santoso mengajak para pelaku usaha fesyen agar memanfaatkan omnichnnel untuk memaksimalkan penjualan dengan mengintegrasikan toko fisik dan daring.
“Karena sekarang pengalaman berbelanja juga kadang harus melihat secara fisik. Jadi secara fisik jualan berarti juga berjualan secara online atau omnichannel,” ujarnya dalam acara Jakarta Muslim Fashion Week 2026 di Jakarta, Minggu (9/11).
Mendag menjelaskan, mengintegrasikan toko fisik dan daring, pelaku usaha dapat memberi pengalaman berbelanja lebih lengkap kepada konsumen.
Sementara toko fisik memberikan pengalaman langsung kepada konsumen, sedangkan toko daring dapat menjangkau pasar yang lebih luas.
Sementara itu, dalam era digital ini, penting bagi toko fisik untuk juga memiliki keberadaan daring.
Kebanyakan konsumen melihat produk secara langsung di toko dan kemudian melanjutkan pembelian melalui e-commerce.
Lebih lanjut Mendag menjelaskan, omnichannel adalah solusi efektif untuk mengatasi fenomena 'rombongan jarang beli' atau 'rojali'.
Konsumen memiliki kebebasan untuk memilih antara berbelanja di toko fisik atau secara daring.
Dengan memanfaatkan fitur seperti live shopping, pelaku usaha dapat memperlihatkan produk secara nyata kepada calon pembeli.
Dirinya kembali menekankan, bahwa toko fisik dan daring telah bertransformasi mengikuti perkembangan zaman.
Menurut dia, niaga elektronik tidak hanya sekadar untuk menjual barang saja, tetapi juga mengajarkan untuk mengemas produk dengan bagus dan menarik.

