Pesan Wapres Ma'ruf Amin Saat Buka Gelaran ITS Asia Pacific Forum 2024

Foto : istimewa

Pasardana.id - Penyelenggaraan The 19th Intelligent Transport System (ITS) Asia Pacific Forum 2024 yang mengusung tema Transformation towards Sustainable and Intelligent Urban Mobility resmi dibuka oleh Wakil Presiden Ma'ruf Amin di Jakarta Convention Center, Selasa (28/5).

Dalam kesempatan ini, Wapres Ma'ruf Amin memberikan apresiasi atas terselenggaranya forum internasional ini.

Dirinya pun mengatakan bahwa pemerintah terus berupaya untuk mengembangkan sistem transportasi cerdas.

"Saya sangat mengapresiasi forum ini yang menyatukan pemerintah, sektor swasta, dan akademisi untuk berbagi pengetahuan, pengalaman, dan inovasi terkait teknologi dan sistem transportasi cerdas," ujar Wapres Ma'ruf Amin.

Ia pun menyampaikan, sejumlah arahan kepada pihak terkait dalam upaya mempercepat penerapan sistem transportasi cerdas, khususnya di Indonesia. 

Pertama, ia meminta agar adopsi strategi negara lain tetap menyesuaikan kondisi dan kebutuhan masing-masing negara.

Dia bilang, pertemuan ini merupakan kesempatan terbaik untuk saling bertukar informasi dan berbagi pengalaman sehingga dapat membantu penentuan arah kebijakan di masing-masing negara.

"Jadikan forum ini sebagai wadah strategis bagi negara-negara anggota untuk mengembangkan kota pintar dengan sistem transportasi cerdas sebagai tulang punggungnya," ujar Ma’ruf.

Kedua, Wapres juga menekankan untuk meningkatkan kolaborasi lintas sektor baik pemerintah, swasta, maupun akademisi. Hal ini guna menciptakan solusi komprehensif bagi mobilitas perkotaan yang lebih baik.

Menurutnya, solusi ini akan mendorong perwujudan dunia yang lebih baik bagi generasi penerus kita. 

Yang ketiga, Ma'ruf pesankan lewat pertemuan ini untuk lebih meningkatkan literasi publik terkait penggunaan transportasi cerdas melalui publikasi dan edukasi.

"Masyarakat perlu mengetahui manfaat dan cara penggunaan sistem ini guna meningkatkan aktivitas ekonomi dengan tetap mengedepankan prinsip ramah lingkungan," ungkapnya.

Terakhir, Wapres memberikan instruksi agar diterapkan perkembangan teknologi transportasi secara inklusif dan berkeadilan.

"Pastikan setiap orang dan setiap negara mendapatkan manfaat, tanpa ada seorang pun dan satu negara pun yang tertinggal. Oleh karena itu, saya berharap forum ini dapat menghasilkan rekomendasi konkret bagi seluruh negara anggota ITS Asia Pasifik dan berdampak positif bagi kemajuan dunia," pungkasnya.

Acara opening ceremony The 19th Intelligent Transport System (ITS) Asia Pacific Forum ini juga turut dihadiri oleh Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (KADIN) Indonesia, Arsjad Rasjid, Sekretaris Jenderal ITS Asia-Pasifik Akio Yamamoto dan pihak terkait lainnya.

Forum ini berlangsung pada 28 - 30 Mei 2024 di Jakarta Convention Center.