Ada 8 Proyek KemenPUPR Yang Mundur Pengerjaannya ke Semester II 2024

Foto : istimewa

Pasardana.id - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono telah menyampaikan surat kepada Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto, selaku Ketua Komite Percepatan Penyediaan Infrastruktur Prioritas (KPPIP).

Dalam surat tersebut, Menteri Basuki minta diberikan dispensasi agar penyelesaian proyek bisa mundur.

Disampaikan Menteri Basuki, ada delapan Proyek Strategis Nasional (PSN) di bawah tanggung jawabnya yang bakal mundur penyelesaiannya ke semester II 2024.

Karena, semua proyek yang ada di daftar PSN harus diselesaikan maksimal semester I 2024 atau sebelum pergantian pemerintahan.

"Jadi kalau suratnya Pak Menko (Airlangga) itu semua PSN harus selesai paling lambat semester I-2024. Nah, kami sedang bersurat ke beliau bisa kita lakukan, tapi ada beberapa yang semester II. Nah, semester II ini kami mintakan dispensasi pada beliau," ujar Basuki di Jakarta, Rabu (26/7).

Dia menyebutkan, sebanyak delapan proyek yang mundur ini diantaranya, terdiri dari; lima bendungan dan tiga jalan tol yang tersebar di beberapa wilayah di Indonesia.

Lima bendungan yang dimaksud, adalah; Bendungan Bener di Jawa Tengah, Bendungan Lau Simeme di Sumatera Utara, Bendungan Budong-Budong di Sulawesi Barat, Bendungan Bolango Ulu di Gorontalo, dan Bendungan Mbay di Nusa Tenggara Timur (NTT).

Sedangkan tiga proyek tol yang target penyelesaiannya diundur ke semester II-2024 yaitu Jalan Tol Serang-Panimbang, Tol Patimban, dan Tol Semarang-Demak.

"Sedang dibikin suratnya oleh Pak Sekjen karena kalau nggak ada dispensasi, MYC (Multi Year Contract)-nya tidak akan keluar," tandas Menteri Basuki.