Penumpang Kereta Api mengalami Lonjakan Menjelang Long Weekend

foto : ilustrasi (ist)

Pasardana.id - PT Kereta Api Indonesia mencatat terjadi tren kenaikan volume penumpang yang cukup signifikan menjelang libur panjang akhir pekan Hari Lahir Pancasila pada Kamis (1/6) dan cuti bersama Hari Raya Waisak pada Jumat (2/6).

VP Public Relations KAI, Joni Martinus mengatakan, jumlah volume pelanggan tentunya masih dapat berubah dan mengalami kenaikan, karena masih dibukanya pemesanan tiket, baik itu secara online ataupun pembelian tiket go show 3 jam sebelum keberangkatan serta pembelian tarif khusus 2 jam sebelum keberangkatan.

Untuk mengakomodir meningkatnya volume pelanggan pada libur panjang akhir pekan tersebut, total perjalanan KA Jarak Jauh yang dioperasikan adalah sebanyak 1.109 perjalanan KA atau rata-rata 222 perjalanan KA per hari, naik 4% dibanding pekan sebelumnya yaitu rata-rata 214 perjalanan KA per hari.

“Penambahan perjalanan kereta api tersebut sebagai bagian dari komitmen peningkatan pelayanan KAI kepada pelanggan khususnya pada masa high season seperti long weekend ini,” kata Joni, seperti dilansir dari siaran pers, Rabu (31/5/2023).

Disebutkan, volume pelanggan Kereta Api Jarak Jauh pada periode keberangkatan hari Rabu (31/5) s.d Kamis (1/6) yaitu 196.008 pelanggan, naik 22% dibanding pekan sebelumnya hari Rabu (24/5) s.d Kamis (25/5) sebanyak 160.642 pelanggan.

Adapun rute favorit pilihan masyarakat pada periode long weekend tersebut adalah Jakarta - Bandung pp, Jakarta Yogyakarta pp, Jakarta - Surabaya pp, Bandung - Surabaya pp, dan tujuan lainnya.

KAI juga mengimbau kepada pelanggan agar memperhatikan kembali jadwal keberangkatan kereta api yang tertera pada tiket atau e-ticket untuk keberangkatan kereta api per 1 Juni 2023.

Hal itu seiring dengan pemberlakuan GAPEKA (Grafik Perjalanan Kereta Api) 2023 yang akan dimulai pada 1 Juni 2023.

Di samping itu, KAI terus mengingatkan kepada seluruh pelanggan agar turun di stasiun yang tertera di tiket.

Sebab, jika pelanggan didapati sengaja turun melebihi stasiun yang tertera di tiket, maka yang bersangkutan akan diturunkan di stasiun terdekat yg berkemungkinan jauh dari akses jalan raya.

Joni menegaskan, Kondektur dibekali dengan aplikasi Check Seat Passenger sehingga dapat mengetahui identitas penumpang, tempat duduk, dan relasi tiket yang dibeli.

“Dalam menyediakan transportasi kereta api khususnya di masa long weekend, KAI memastikan akan menghantarkan masyarakat dengan aman , bebas dari kemacetan di jalan raya. Sehingga momen liburan bersama keluarga atau kawan dapat dinikmati pelanggan dengan nyaman, dan menyenangkan,” pungkas Joni.