Damri Berangkatkan 66 Ribu Calon Jemaah Haji di Perayaan Idul Adha 2022

Foto : istimewa

Pasardana.id - Perum Damri melayani pemberangkatan Angkutan Haji dengan proses keberangkatan dari beberapa kantor cabang.

Hal tersebut dilakukan berbarengan dengan perayaan Idul Adha dan bulan haji 2022.
Hingga Minggu (10/7), Damri telah melayani sebanyak 66.396 calon jemaah haji yang tersebar di seluruh Indonesia.

Puluhan ribu jemaah itu, di antaranya dari embarkasi yang dilayani oleh cabang Bandara Soekarno Hatta, Aceh, Padang, Jakarta, Makassar, Mataram, Samarinda, Banjarmasin, Yogyakarta, Palembang, Surabaya, dan Medan, dengan total perjalanan mencapai 3.683 rit.

Corporate Secretary Damri, Akhmad Zulfikri mengatakan, Damri sangat antusias dalam berkontribusi mengantar calon Jemaah Haji sampai proses embarkasi.

Harapannya calon Jemaah Haji dapat menikmati fasilitas yang aman dan prima saat melakukan perjalanan bersama Damri.

“Ada 148 unit armada bus besar dikerahkan Damri pada Angkutan Haji ini, terdapat penambahan 3 unit jika dibandingkan dengan pemberangkatan pada awal Juni lalu, yaitu 145 unit armada,” kata Fikri dalam keterangan tertulisnya, Minggu (10/7/2022).

Saat ini, terdapat daerah yang dilayani oleh Angkutan Haji Damri, yaitu; cabang Aceh yang melayani calon Jemaah Haji dari Daerah Istimewa Banda Aceh, cabang Medan melayani calon Jemaah Haji dari Sumatera Utara, cabang Padang melayani calon Jemaah haji dari Sumatera Barat dan sekitarnya.

Selanjutnya, Angkutan Haji Damri juga hadir di cabang Jakarta, yakni melayani calon Jemaah Haji dari Banten dan DKI Jakarta.

Hadir pula di cabang Yogyakarta, yang melayani calon Jemaah haji dari Provinsi Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Kemudian dari cabang Samarinda, melayani calon Jemaah Haji dari daerah Balikpapan dan Samarinda, sedangkan cabang Banjarmasin melayani calon Jemaah Haji dari Kalimantan Selatan dan Kalimantan Tengah.

Lalu cabang Makassar melayani calon Jemaah Haji dari Papua, Papua Barat, Maluku, Maluku Utara, Sulawesi Tenggara dan Sulawesi Barat.

“Damri bersama seluruh stakeholders terus berusaha memaksimalkan layanan Angkutan Haji. Salah satu upaya yang kami lakukan adalah memastikan penumpang calon Jemaah Haji mendapatkan fasilitas yang aman, nyaman, dan selamat sesuai standar keselamatan transportasi. Selain itu, Damri juga terbuka akan masukan dan saran demi menunjang kinerja yang lebih baik ke depannya,” ungkap Fikri.

Ditambahkan, Angkutan Haji Damri juga hadir di cabang Mataram, yakni melayani calon Jemaah Haji dari Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB).

Kemudian, cabang Bandara Soekarno Hatta melayani calon Jemaah Haji dari Jawa Barat, seperti Bogor, Depok, dan Bekasi. Terakhir adalah cabang Surabaya melayani Jemaah Haji provinsi Jawa Timur, dan Nusa Tenggara Timur.

“Manajemen Damri mengucapkan terima kasih atas kepercayaan pelanggan menggunakan armada Damri untuk melakukan Ibadah Haji tahun ini, harapannya tahun-tahun mendatang Damri juga mampu hadir dalam memberikan pelayanan Angkutan Haji yang aman dan prima kepada seluruh masyarakat Indonesia,” pungkas dia.