PTBA Terus Berperan Mendukung Pembangunan Daerah Muara Enim

foto : istimewa

Pasardana.id - Perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-76 Kabupaten Muara Enim, hari ini, Senin (21/11/2022), bertepatan dengan dilakukannya Groundbreaking Pembangunan Dinding Penahan Tanah (Talud) antara Jembatan Enim 1 - Jembatan Enim 2 sepanjang 1,89 kilometer (km).

Adapun biaya pembangunan talud sebesar Rp106 miliar berasal dari bantuan PT Bukit Asam Tbk (IDX: PTBA) berupa Dana Hibah untuk Pemerintah Kabupaten Muara Enim.

Gubernur Sumatera Selatan, Herman Deru mengucapkan Terima Kasih dan apresiasi atas bantuan dari PTBA.

"Atas nama Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan, Pemerintah Kabupaten Muara Enim, dan seluruh masyarakat, kami ucapkan terima kasih kepada PTBA yang telah memberikan perhatiannya. Langkah yang ditempuh PTBA tentu merupakan berkah tersendiri bagi Sumatera Selatan. Mudah-mudahan pembangunan talud bermanfaat untuk menyelamatkan aliran sungai, juga menyelamatkan masyarakat di tepi sungai," kata Gubernur Herman, seperti dilansir dari siaran pers, Senin (21/11/2022).

Adapun selain Gubernur Sumatera Selatan, Herman Deru dan jajarannya, peletakan batu pertama proyek tersebut dihadiri oleh Pj Bupati Muara Enim Kurniawan, Direktur Sumber Daya Manusia (SDM) PTBA Suherman, Direktur Operasi dan Produksi PTBA Suhedi, Forkopimda Kabupaten Muara Enim, dan tokoh-tokoh masyarakat.

PJ Bupati Muara Enim, Kurniawan menjelaskan, bahwa pembangunan talud bertujuan untuk melindungi masyarakat di bantaran Sungai Enim dari bahaya longsor dan penggerusan.

Selain itu juga untuk penataan Ibu Kota Muara Enim agar lebih indah, bersih, dan rapi.

"Alhamdulillah pada peringatan Hari Jadi Kabupaten Muara Enim ke-76 tahun ini, kita laksanakan pula peresmian dimulainya pembangunan dinding penahan tanah atau talud Sungai Enim oleh Bapak Gubernur Sumatera Selatan sebagai tanda dimulainya pengerjaan pembangunan," ujar Kurniawan.

Sementara itu, Direktur SDM PTBA Suherman menyatakan bahwa pihaknya senantiasa berkomitmen mendukung pembangunan yang memberikan manfaat sosial, ekonomi, dan lingkungan bagi masyarakat.

"PTBA menyadari bahwa keberlangsungan usaha pada jangka panjang tidak semata hanya bergantung pada kemampuan dalam merealisasikan target-target finansial. Tetapi juga bergantung pada dukungan kuat masyarakat sekitar terhadap operasional bisnis sehari-hari. Karena itu, PTBA memiliki tanggung jawab dalam pengembangan sosial kemasyarakatan," ujar Suherman.