Cicil Utang, PSDN Minta Restu Jual Aset Senilai Rp39,49 Miliar

foto : ilustrasi (ist)

Pasardana.id - PT Prasidha Aneka Niaga Tbk (IDX: PSDN) meminta restu pemegang saham untuk menjual aset senilai Rp39,49 miliar dalam Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) pada tanggal 17 Februari 2022.

Mengutip pengumuman RUPSLB emiten perdagangan dan pengolahan kopi pada laman Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI), Rabu (26/1/2022), disebutkan bahwa perseroan akan menjual aset berupa tanah, bangunan dan mesin pengolahan cokelat milik anak usahanya, PT Aneka Bumi Kencana.

Sebelumya, perseroan mengumumkan penjualan aset itu untuk keperluan menurunkan utang bank, sehingga beban kewajiban cicilan pokok dan bunga menjadi lebih ringan.

Adapun aset yang akan dijual, yaitu; sebidang tanah seluas 26.209 meter persegi dan bangunan di atasnya, serta mesin-mesin pengolahan di Bira, Kota Makassar.

Aset  dengan nilai total mencapai Rp39,49 miliar tersebut, dibeli oleh PT Gatra Bintang Lestari yang akan mengambil tanah dan bangunan. Sedangkan mesin dibeli oleh Robert Tantowi.

Sementara itu, berdasarkan laporan keuangan kuartal III tanpa audit, PSDN mencatatkan pinjaman bank jangka pendek senilai Rp208,23 miliar dan utang bank jangka panjang tercatat sebesar Rp246,92 miliar.