HUT Ke-76, PLN Terangi 83.125 Desa di Indonesia

Foto : istimewa

Pasardana.id - PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) merayakan Hari Ulang Tahun yang ke-76, Rabu (27/10) kemarin.

Dalam keterangan tertulis, Rabu (27/10/2021), Direktur Utama PLN, Zulkifli Zaini mengungkapkan, hingga September 2021, sudah sebanyak 83.125 desa di seluruh wilayah Indonesia teraliri listrik.

Capaian tersebut mendorong rasio desa berlistrik (RDB) menjadi sebesar 99,62 persen.

Angka tersebut melampaui capaian tahun 2020 lalu, yang mencatat realisasi listrik desa mencapai sebanyak 82.569 desa dengan RDB sebesar 99,52 persen.

Lebih lanjut dijelaskan, dari capaian program listrik desa terdapat 75.278 desa yang dilistriki oleh PLN. Selebihnya, dikerjakan bersama dengan pemerintah pusat melalui Kementerian ESDM, swadaya dari pemerintah daerah, dan pihak terkait lainnya.

Untuk itu, dirinya memastikan, PLN akan terus mendukung program listrik desa dan mendorong peningkatan RDB yang merupakan rasio antara desa yang berlistrik dengan jumlah desa di Indonesia.

Ia juga menjelaskan, kehadiran listrik yang andal hingga ke desa berperan penting untuk menggerakkan perekonomian, terlebih dengan adanya disrupsi serta revolusi industri 4.0.

Oleh sebab itu, upaya melistriki desa akan turut mendukung percepatan integrasi ekonomi masyarakat desa ke perekonomian nasional.

“Kalau listrik sudah menjangkau desa, harapan kita, gerak ekonomi semakin bergerak cepat. Belum lagi, bila ke depan seluruh desa bisa terintegrasi dengan masuknya akses internet," ujar Zulkifli.

Ditambahkan, seiring dengan peringatan Hari Listrik Nasional ke-76 ini, PLN memastikan akan terus mendukung program listrik desa dan mendorong peningkatan RDB yang merupakan rasio antara desa yang berlistrik dengan jumlah desa di Indonesia.

Menurut Zulkifli, PLN terus bersinergi dengan pemerintah pusat hingga pemerintah desa dalam upaya melistriki desa.

Terbaru, PLN bersama Kemendes PDTT menandatangani kerja sama dalam pemanfaatan tenaga listrik untuk peningkatan produktivitas mendukung pengembangan ekonomi dan investasi.

Ia juga menyampaikan, beragam kisah dalam upaya PLN melistriki desa-desa di Indonesia juga dirangkum dalam buku Cahaya untuk Desa.

Lewat buku itu, diantaranya terdapat kisah pemasangan listrik di Kampung Kwaedamban, Distrik Borme, Kabupaten Pegunungan Bintang, Papua. Desa tersebut unik, sebab harus dicapai melewati perjalanan udara, sungai dan hutan.

Selain itu, ada pula kisah saat melistriki desa-desa di perbatasan dengan Malaysia, Vietnam, Filipina hingga Australia. Termasuk tentang perjalanan yang harus menembus hutan hingga ombak lautan mencapai suatu desa.

"Ini adalah bukti kerja keras dan cerdas PLN dalam membawa cahaya untuk desa-desa di pelosok nusantara. Juga sebagai bukti sejarah, bahwa meski di tengah pandemi PLN tetap berkinerja tinggi bagi negeri,” pungkas Zulkifli.