Indonesia Berpotensi Jadi Pusat Industri Halal Dunia

Foto : istimewa

Pasardana.id - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengungkapkan, Indonesia memiliki potensi besar untuk berkembang menjadi pusat industri halal dunia sekaligus kiblat industri fashion dunia.

Karena itu, dia menargetkan tujuan tersebut bisa tercapai di 2024.

“Indonesia berpotensi sebagai pusat industri halal dunia sekaligus kiblat industri fashion dunia. Saya target tujuan tersebut dapat tercapai pada 2024, apalagi pasar produk halal dunia sangat besar,” kata Jokowi saat membuka Trade Expo Indonesia Digital Edition 2021, Kamis (21/10).

Kata Jokowi, berdasarkan laporan State of Global Islamic tahun 2020-2021, warga Muslim dunia diperkirakan membelanjakan lebih dari 2 triliun dolar AS di sektor makanan, produk farmasi, kosmetik, fashion, serta rekreasi atau pariwisata.

“Tentunya ini merupakan peluang yang harus kita manfaatkan,” ujar Jokowi menambahkan.

Pada acara Trade Expo Indonesia Digital Edition 2021 ini juga turut dihadirkan forum halal dan festival fashion Muslim.

Presiden Jokowi pun memberikan apresiasinya karena penyelenggaraan ekspo ini dapat meningkatkan pasar halal Indonesia di dunia.

Dalam kesempatan ini, Kepala Negara juga berharap para pelaku usaha dan eksportir Indonesia membantu mempercepat pemulihan dan pertumbuhan ekonomi Indonesia.

“Mari kita bersama-sama berkontribusi pada pemulihan dan pertumbuhan ekonomi untuk Indonesia yang lebih maju dan sejahtera,” ujarnya.

Lebih lanjut Presiden Jokowi mendorong agar kerja sama dan perdagangan global segera diaktifkan setelah pandemi Covid-19 mulai melandai di Indonesia.

Pada tahun ini, nilai ekspor Indonesia tercatat telah mencapai puncaknya, yakni 142,01 miliar dolar AS dan tumbuh 37,7 persen year on year.

Kendati demikian, ia meminta agar daya saing terus ditingkatkan karena Indonesia memiliki peluang tumbuh yang lebih tinggi. Tak hanya itu, potensi pasar ekspor Indonesia pun masih terbuka lebar.

“Karena potensi pasar ekspor masih terbuka lebar, mitra dagang kita juga mulai pulih. Dan kuartal kedua 2021 Tiongkok tumbuh 7,9 persen yoy, Amerika Serikat tumbuh 12,2 persen, Jepang tumbuh 7,6 persen, dan India bahkan tumbuh 20,1 persen,” ucap Jokowi.

Trade Expo Indonesia 2021 resmi dibuka Kementerian Perdagangan pada Kamis (21/10).

Menteri Perdagangan, Muhammad Lutfi mengatakan, TEI 2021 yang digelar secara virtual akan mempromosikan produk halal unggulan dari Indonesia agar lebih dikenal secara global.

"Untuk pertama kalinya kami akan promosikan produk halal, terutama produk fashion," kata Lutfi.

Bersamaan dengan diselenggarakannya TEI 2021, pemerintah juga meluncurkan Jakarta Muslim Fashion Week. Acara ini menjadi salah satu upaya untuk menjadikan Indonesia sebagai kiblat model industri fashion Muslim pada masa mendatang.

Fokus pemerintah terhadap industri halal, khususnya fashion, bukan tanpa sebab. Belanja terhadap produk halal dunia saat ini terus mengalami peningkatan.

"Ini adalah peluang yang harus kita manfaatkan dengan baik," ujar Lutfi.