Ashish Gupta dan Ronald Sutardja Berpotensi Kuasai 37,9 Persen DOID

foto : ilustrasi (ist)

Pasardana.id - Ashish Gupta dan Ronald Sutardja berpotensi menguasai 37,9 persen porsi kepemilikan saham PT Delta Dunia Makmur Tbk (IDX: DOID).

Pasalnya, kedua direksi anak usaha DOID itu akan menyerap penerbitan obligasi konversi atau Convertible Note yang akan diterbitan oleh Northstar Tambang Persada.

Lebih jelasnya, Northstar Tambang Persada selaku pemegang 37,86 persen DOID telah menandatangani perjanjian dengan perusahaan cangkang yang dikendalikan kedua direksi anak usaha perseroan, yakni Souls Humanity Pte Ltd pada tanggal 1 Januari 2021 tentang penyerapan obligasi konversi itu.

“Jika obligasi konversi itu menjadi saham, maka Souls Humanity Pte Ltd akan menguasai 44 persen Northstar Tambang Persada. Sehingga secara tidak langsung menguasai 16,7 persen porsi saham perseroan,” tulis manajemen DOID dalam keterbukaan informasi pada laman Bursa Efek Indonesia (BEI), Jumat (22/1/2021).

Di samping itu, perseroan memahami pemegang saham kelas A dan kelas B induk usaha telah menandatangani perjanjian dengan Souls Humanity Pte Ltd.

Dalam perjanjian itu terdapat dua pilihan, beli kepada Souls Humanity atau jual yang sesuai harga pelaksanaan kepada masing masing pemilik saham kelas A dan B induk usaha DOID itu.

Patut dicatat, harga pelaksanaan pilihan jual dan beli itu mengacu pada harga nilai saham perseroan yang diperdagangan kepada publik.

Dampaknya, jika pilihan itu dilaksanakan maka Souls Humanity Pte Ltd akan menguasai 37,9 persen Northstar Tambang Persada.

Dampak berikutnya, Soul Humanity Pte Ltd melalui Northstar Tambang Persada berhak mencalonkan tiga direksi dan tiga komisaris.