AP II Sediakan Informasi Travel Advisory Hadapi Covid-19

Foto : istimewa
Foto : istimewa

Pasardana.id - PT Angkasa Pura II (Persero) bakal secara berkala menyampaikan berbagai informasi anjuran perjalanan (travel advisory) kepada traveler terkait dengan covid-19.

Hal itu bertujuan agar para traveler dapat melakukan persiapan sebelum melakukan perjalanan.  

Direktur Utama PT Angkasa Pura II, Muhammad Awaluddin mengatakan, informasi terkait covid-19 sangat dinamis dan cukup banyak yang berpengaruh langsung terhadap sektor penerbangan termasuk bandara-bandara di bawah perseroan.

Sehingga, lanjut Awaluddin, sangat penting menyampaikan secepat mungkin informasi terbaru itu kepada pelancong dan masyarakat.  

"Berbagai informasi atau kebijakan dari maskapai, pemerintah Indonesia dan negara lain, khususnya yang berdampak pada layanan atau penerbangan di bandara-bandara PT Angkasa Pura II, akan selalu kami perbaharui di seluruh media komunikasi kami miliki,” kata Awaluddin dalam keterangan tertulisnya, Minggu (5/4/2020).

Dijelaskan, informasi-informasi tersebut dapat diakses oleh pelancong atau pengunjung bandara melalui situs resmi perseroan www.angkasapura2.co.id dan aplikasi mobile app Indonesia Airports di iOS serta Android, ditambah dengan contact center 138, serta akun Instragram dan Twitter dari masing-masing bandara yang dikelola PT Angkasa Pura II (Persero).

Selain itu, lanjutnya, penyampaian informasi dan kebijakan terkait COVID-19 secara tepat merupakan salah satu hal yang utama bagi PT Angkasa Pura II demi menghilangkan kebingungan bagi traveler dan masyarakat.

“Kami berupaya agar traveler di 19 bandara PT Angkasa Pura II mendapat informasi yang cepat, tepat dan berasal dari sumber yang jelas, untuk menghapus keragu-raguan atau kebingungan terkait perjalanan mereka,” ucap Awaluddin.

Adapun di website dan aplikasi mobile app Indonesia Airports, PT Angkasa Pura II juga menyiapkan pop up link yang memuat informasi mengenai kebijakan terkini, anjuran perjalanan (travel advisory) hingga upaya pencegahan penyebaran covid-19 di 19 bandara perseroan.

Pop up link di website berbentuk floating bar yang terletak di paling atas halaman. Sementara itu, pop up link di aplikasi mobile app Indonesia Airports dapat dijumpai sesaat setelah kita membuka aplikasi di smartphone.

“Agar pelancong dan masyarakat mudah serta cepat mengetahui kebijakan yang baru dirilis, kami membuat pop up link di website dan aplikasi mobile app Indonesia Airports yang berisikan kebijakan terbaru, saran perjalanan dan informasi penting lainnya yang disampaikan dalam Bahasa Indonesia dan Inggris. Kami berharap, hal ini dapat membantu pelancong mempersiapkan segala sesuatunya,” jelas Awaluddin.

PT Angkasa Pura II saat ini mengelola 19 bandara, yaitu; Soekarno-Hatta (Tangerang), Halim Perdanakusuma (Jakarta), Husein Sastranegara (Bandung), Kertajati (Majalengka), Radin Inten II (Lampung), HAS Hanandjoeddin (Belitung), Fatmawati Soekarno (Bengkulu), Sultan Syarif Kasim II (Pekanbaru), dan Raja Haji Fisabilillah (Tanjung Pinang).

Kemudian Depati Amir (Pangkal Pinang), Sultan Thaha (Jambi), Sultan Mahmud Badaruddin II (Palembang), Bandara Internasional Banyuwangi, Sultan Iskandar Muda (Aceh), Minangkabau (Padang), Supadio (Pontianak), Silangit (Tapanuli Utara), Kualanamu (Deli Serdang), dan Tjilik Riwut (Palangkaraya).