‘Pemulung’ Besi Bekas Incar Dana Hingga Rp54 Miliar Dari IPO

foto : istimewa

Pasardana.id -  PT Optima Prima Metal Sinergi Tbk akan melepas sebanyak 400 juta lembar saham atau 40% dari modal ditempatkan dan disetor penuh melalui penawaran umum perdana saham atau initial public offering (IPO).

Dengan harga penawaran dikisaran Rp125 - 135 per saham, maka calon emiten pengolah besi bekas ini akan meraup dana senilai Rp50 miliar hingga Rp54 miliar.

Direktur Utama Optima Prima Metal Sinergi, Meilyna Widjaja mengatakan, dana dari hasil aksi korporasi ini akan digunakan untuk memperkuat modal kerja dan mendukung strategi bisnis perusahaan dalam jangka panjang.

“Sehingga akan memperkuat bisnis di bidang besi scrap yang mayoritas dari kapal bekas. Industri ini dinilai baru di Indonesia namun memiliki pangsa pasar yang besar,” kata Meilyna di Jakarta, Senin (26/8/2019).

Hal itu, lanjut dia, sejalan dengan target penjualan tahun ini yang ditarget sebesar Rp106,9 miliar.

Dalam hal ini, PT Sinarmas Sekuritas berlaku sebagai Penjamin Pelaksana Emisi Efek IPO perusahaan. 

Adapun untuk mendukung target tersebut, menurut Meilyna, perusahaan telah menganggarkan belanja modal sebesar Rp3 miliar. Seluruh dana tersebut bersumber dari kas internal perusahaan. 

"Dana akan kami pergunakan untuk membeli alat-alat berat guna mendukung bisnis perusahaan yakni jual beli besi scrap kapal bekas," kata dia.

Lebih lanjut diungkapkan, hingga saat ini, penjualan perusahaan masih di dominasi oleh penjualan besi bekas. Selain besi bekas, perusahaan juga menjual mesin-mesin kapal bekas.