Tingkatkan Pelayanan, PT KAI Siapkan Pembelian Tiket Kereta Lokal Secara Online

Pasardana. id - PT Kereta Api Indonesia (Persero) mengumumkan bahwa mulai keberangkatan 1 September 2019, pelayanan reservasi tiket KA Lokal hanya bisa dilakukan secara online melalui aplikasi KAI Access.
"Penjualan tiket KA Lokal di loket stasiun hanya berlaku untuk pembelian secara go-show (mulai 3 jam sebelum jadwal keberangkatan) apabila tempat duduk masih tersedia," tulis keterangan pers yang diterima pada Kamis (22/8) malam.
Dalam keterangannya itu, PT KAI mengungkapkan, reservasi KA Lokal melalui KAI Acces dapat dilakukan mulai H-7 hingga lima menit sebelum jadwal keberangkatan.
KA Lokal yang masuk dalam kategori ini adalah KA Kalijaga, Pandanwangi, Lokal Merak, Walahar Ekspres, Jatiluhur, Cilamaya Ekspres, Siliwangi, Bandung Raya Ekonomi, Lokal Cibatu, Kedung Sepur, Bhatara Kresna, Solo Ekspres, Prambanan Ekspres, Sidomukti, KA Bandara YIA, Ekonomi Lokal (Daop 8), Jenggala, Dhoho, Dhoho-Penataran, Tumepel, Penataran-Dhoho, Penataran, KRD Ekonomi (Daop 8).
Adapun KA Lokal di luar jawa adalah Sri Lelawangsa, Cut Meutia, Lembah Anai, Sibinuang, Minangkabau Ekspress, Kertalaya, Seminung/Way Umpu. Khusus untuk KA Kalijaga dan KA Pandanwangi, reservasi bisa dilakukan sejak H-30 atau satu bulan sebelum keberangkatan.
Aplikasi KAI Access sendiri bisa diunduh melalui Google Play dan App Store. Bagi calon penumpang yang sudah memiliki KAI Access tetapi tidak bisa melakukan reservasi tiket KA Lokal, diharapkan untuk segera mengupdate KAI Access versi terbaru.
Sementara untuk reservasi tiket KA Lokal via KAI Access, calon penumpang dianjurkan harus mengupdate aplikasi KAI Access-nya menjadi versi terbaru.
"Lalu masuk ke menu Local Train untuk memilih stasiun keberangkatan dan tujuan serta jadwal keberangkatan KA," sambung keterangan tersebut.
Dengan cara ini, nantinya penumpang yang telah membeli tiket KA Lokal via KAI Access, tidak perlu lagi mencetak boarding pass di stasiun. Para calon penumpang cukup menunjukkan E-Boarding Pass yang ada di aplikasi KAI Access disertai kartu identitas asli saat boarding.
PT KAI juga mengungkapkan bahwa kebijakan tersebut dikeluarkan untuk meningkatkan pelayanan kepada pengguna. Dengan kemudahan ini, calon penumpang bisa memesan tiket dari mana pun dan kapan pun tanpa perlu mengantre di stasiun.