SoftBank Selamatkan WeWork Melalui Akuisisi

foto: istimewa

Pasardana.id - WeWork pada Rabu (23/10/2019) menyatakan telah menerima paket penyelamatan yang ditawarkan SoftBank Group. Perusahaan konglomerat Jepang tersebut selanjutnya akan menguasai 80 persen saham WeWork.

Seperti dilansir Bloomberg, pendiri WeWork Adam Neumann akan meninggalkan dewan direksi perusahaan sebagai bagian kesepakatan paket penyelamatan. Neumann akan digantikan eksekutif SoftBank Marcelo Claure yang selanjutnya menjabat chairman WeWork.

Sebagai kompensasi, Neumann menerima saham WeWork senilai US$1,2 miliar, dana kredit sebesar US$500 juta, dan pembayaran biaya konsultasi sebesar US$185 juta. Neumann selanjutnya akan menjadi pengamat dewan direksi WeWork.

SoftBank akan mengucurkan dana tambahan sebesar US$5 miliar kepada WeWork dan mempercepat pemberian dana kepada induk perusahaan WeWork, We Company. Akibat pengeluaran yang tidak terkontrol, We Company akan kehabisan dana bulan depan apabila tidak menerima bantuan dari SoftBank.

Kesulitan keuangan yang dialami membuat rencana IPO WeWork, perusahaan Amerika Serikat yang menyediakan ruang kerja bersama untuk perusahaan rintisan teknologi, wiraswasta, pekerja lepas, UKM, dan perusahaan besar, batal terwujud September lalu. Ribuan karyawan WeWork akan diberhentikan bulan ini seiring berlangsungnya restrukturisasi.