Alibaba Akuisisi Ele.me dengan Dana US$9,5 Miliar

foto: istimewa

Pasardana.id - Perusahaan e-commerce Tiongkok Alibaba Group Holding Limited pada Senin (2/4/2018) mengumumkan keberhasilan mengakuisisi perusahaan startup pengiriman makanan online Ele.me.

Transaksi akusisi Ele.me mencapai US$9,5 miliar atau sekitar Rp130,69 triliun. Alibaba dan perusahaan afiliasinya Ant Financial kini menguasai 43 persen saham Ele.me.

“Ele.me dapat mendukung infrastruktur Alibaba di e-commerce dan pembentukan sinergitas baru dengan bisnis-bisnis Alibaba untuk menambah momentum keberlangsungan inisiatif New Retail,” kata Daniel Zhang, CEO Alibaba, seperti dikutip Xinhua.

“Kami memiliki visi strategis yang sama terhadap New Retail, bahwa inisiatif tersebut memiliki masa depan yang cerah dan menjadi bagian dari ekosistem Alibaba akan membawa Ele.me ke level yang baru,” ucap Zhang Xuhao, pendiri Ele.me.

Dengan armada pengiriman yang besar di berbagai kota di Tiongkok setelah terjadinya akuisisi oleh Alibaba, layanan Ele.me akan makin mampu memenuhi keinginan konsumen dengan lebih baik. Ele.me tetap akan beroperasi dengan brand sebelum akuisisi, namun akan memberikan layanan kepada para konsumen dengan bantuan Koubei milik Alibaba.

Wakil presiden Alibaba Group Wang Lei selanjutnya akan menjadi CEO Ele.me. Sedangkan Zhang akan menjadi chairperson Ele.me dan penasihat khusus CEO Alibaba terkait strategi New Retail.

Tahun lalu Ele.me mengakuisisi Baidu Waimai, unit pengiriman makanan Baidu, dalam sebuah proses konsolidasi industri..