Pendapatan Alibaba Melonjak 56 Persen

foto: istimewa

Pasardana.id - Perusahaan e-commerce Tiongkok Alibaba pada Kamis (1/2/2018) merilis laporan yang menyebutkan pendapatan pada kuartal fiskal ketiga untuk periode 1 Oktober sampai 31 Desember 2017 melonjak 56 persen year-on-year menjadi 83 miliar yuan atau sekitar US$12,7 miliar (Rp170,5 triliun).

“Alibaba kembali meraih kuartal yang hebat dipicu terus menguatnya daya beli konsumen di Tiongkok dan semakin luasnya jasa yang kami sediakan kepada para merchant dan konsumen," ungkap CEO Alibaba Daniel Zhang, seperti dikutip Xinhua.

Tingginya pendapatan yang diraih terutama disebabkan rekor penjualan yang terjadi dalam Singles Day yang berlangsung 11 November lalu. Laba bersih Alibaba meningkat 36 persen year-on-year pada periode Oktober sampai Desember mencapai 23,3 miliar yuan.

“Seturut baiknya kinerja yang terlihat akan berlanjut sampai akhir tahun fiskal, maka untuk tahun fiskal 2018 target pendapatan ditingkatkan antara 55 sampai 56 persen," kata Maggie Wu, CFO Alibaba.

“Bisnis utama kami menciptakan aliran uang masuk sebesar US$7,1 miliar pada kuartal lalu, sehingga kami bisa melakukan investasi di New Retail, komputasi awan, digital entertainment, dan globalisasi," terang Wu lebih lanjut.

Bisnis komersial utama Alibaba meningkat 57 persen year-on-year menjadi 73 miliar yuan. Pertumbuhan yang signifikan juga terjadi dalam bisnis komputasi awan, media digital, hiburan, dan inisiatif inovasi. Jumlah pengguna aktif pasar ritel Alibaba mencapai 515 juta orang.