Penjualan Harbolnas 2016 Diperkirakan Naik 3,3 Kali Lipat

foto : istimewa

Pasardana.id - Survei Nielsen Indonesia memperkirakan penjualan Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) 2016 mencapai Rp3,3 triliun. Angka ini naik dibandingkan even serupa pada 2015 yang mencapai Rp2,1 triliun.

"Jumlah ini juga sudah lebih tinggi sekitar 3,3 kali lipat dibandingkan penjualan reguler atau di hari biasa," kata Rusdy Sumantri, Direktur Nielsen Indonesia di Jakarta, kemarin.

Estimasi penjualan ini dilakukan akibat total transaksi Harbolnas 2016 tidak bisa disebutkan panitia tersebut. Mereka beralasan semua situs belanja tidak melaporkannya.

Walaupun demikian, perusahaan dagang elektronik (e-dagang) menyebutkan penjualannya naik 50% - 100%.

Kenaikan transaksi Harbolnas 2016 didorong penawaran diskon barang. Itu diungkapkan 90% pembeli. 

Apalagi ini ditambah pembebasan ongkos kirim (ongkir) produk. Sebanyak 41% menyukainya.

Terakhir, pemberian voucher diminati 26% responden dan cashback sebesar 15% responden. Sebanyak 500 responden di 20 kota Indonesia yang disurvei Nielsen.

Untuk jenis barang yang disukai adalah fesyen sebesar 68%, kosmetik sebesar 27%, dan daily need sebesar 21%.