Pendapatan Zalora Naik 350%
Pasardana.id - Zalora Indonesia memperoleh kenaikan pendapatan sebesar 350% pada dua jam pertama Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) 2016 dibandingkan event yang sama pada tahun lalu. Dari angka tersebut, sebesar 30% merupakan pelanggan baru dan sisanya pelanggan lama.
"Terjadi peningkatan aktivitas belanja pada pelanggan yang berumur 21 tahun - 35 tahun, karena 67% dari total transaksi Zalora berasal dari grup umur tersebut," kata Anthony Fung, CEO Zalora Indonesia di Jakarta, kemarin.
Dijelaskan, dari jumlah pelanggan itu, sebanyak 73% merupakan pelanggan perempuan dan sisanya laki-laki. Adapun transaksi di Zalora pada Harbolnas 2016 dilakukan 80% melalui telepon selular (ponsel) cerdas dengan 70% di antaranya lewat aplikasi Zalora.
"Transaksi berasal dari berbagai wilayah di Indonesia dengan Jabodetabek sebagai wilayah yang paling dominan, yang diikuti Bandung, Surabaya, Medan dan Makassar," jelasnya.
Sementara itu, mayoritas produk yang dicari pelanggan perempuan di Zalora adalah tas kerja, printed dress, blus kerja, dan sepatu pesta. Untuk laki-laki, produk terbanyak yang dicari yakni jam tangan monochromatic, sepatu sneakers, kaos kasual, dan jeans.
Merek fashion yang dicari pelanggan Zalora tidak hanya internasional, namun ini juga dilakukan kepada merek lokal.
Menyikapi hal tersebut, kerjasama telah dilakukan perusahaan dagang elektronik (e-dagang) ini kepada perusahaan lokal pada tahun pertama.
Asal tahu saja, Harbolnas berlangsung mulai tanggal 12-14 Desember 2016. Namun, event ini diperpanjang Zalora sampai 15 Desember lantaran antusiasme pelanggan sangat tinggi.