Peringati Harkopnas ke-73, Menteri Teten Dorong Koperasi Indonesia Untuk Go Digital

Foto : istimewa

Pasardana.id - Menteri Koperasi dan UKM, Teten Masduki mendorong koperasi di Indonesia untuk go digital agar bisa sukses. Menurutnya, koperasi harus mampu beradaptasi di tengah perkembangan teknologi.

“Digitalisasi koperasi ini menjadi kunci. Efisiensi dan efektivitas layanan koperasi hanya mungkin kita raih dengan melek digital,” ujar  Teten dalam webinar Hari Koperasi Indonesia oleh IKA Undip dengan topik New Platform Koperasi - UMKM : Integrasi Sistem Sharing Ekonomi Digital untuk Kesejahteraan Sosial, Minggu (12/7/2020).

Menurut Teten, koperasi yang bergabung pada ekosistem digital tak berarti nilai-nilai dasar koperasi. Menurut dia, hal ini justru menjadi strategi agar koperasi di Indonesia tidak tertinggal dan mampu mendunia.

Teten mengatakan, momentum hari Koperasi pada tahun ini memang berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Pasalnya, semua negara-negara, termasuk Indonesia tengah menghadapi pandemi Covid-19.

“Namun, saya tidak ingin larut dan kita kalah dalam soal itu. Justru, ini momentum untuk kita menunjukkan wajah asli koperasi sebagaimana dicita-citakan 73 tahun silam yakni gotong royong, mengedepankan rasa senasib sepenanggungan, maju pun harus bersama-sama,” ucapnya.

Pandemi Covid-19, kata Teten, juga berdampak negatif pada koperasi. Teten mengaku sempat blusukan langsung ke sejumlah koperasi di antaranya Koperasi Susu di Bogor, yang produksinya turun selama pandemi dari sebelumnya mencapai 12 ton perbulan, sekarang menjadi 8 ton.

“Namun, karena berkoperasi penurunan itu tidak terasa, karena risiko penurunan produksi dipikul bersama-sama oleh seluruh anggota,” katanya.

Pihaknya kemudian melalui LPDB-KUMKM mengaku menjadi lebih mudah memberikan dukungan kepada para peternak dengan memberikan relaksasi pinjaman-lama, bahkan menyiapkan “top-up” kredit baru bilamana diperlukan. 

Ia menambahkan peran penting koperasi yang tidak saja bermanfaat di saat kondisi normal, bahkan di tengah krisis sekalipun, koperasi telah menjadi penyelamat bagi anggota dan perekonomian nasional.