BSI dan BPJS Ketenagakerjaan Jalin Sinergi Permudah Akses Masyarakat Lakukan Pendaftaran dan Pembayaran Iuran BPJS melalui BSI Agen

foto : ilustrasi (ist)

Pasardana.id - PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) (IDX: BRIS) terus memperkuat layanan untuk menjangkau nasabah hingga pelosok negeri, salah satunya melalui layanan BSI Agen.

Dengan jumlah jaringan mencapai 125 ribu, BSI Agen menjadi salah satu channel resmi perseroan dalam penetrasi inklusi keuangan syariah.

Adapun langkah terbaru BSI adalah menjalin sinergi dengan BPJS Ketenagakerjaan dengan menyediakan fasilitas pendaftaran dan pembayaran kepesertaan serta iuran BPJS melalui channel BSI Agen.

Melalui kolaborasi ini, BSI dan BPJS Ketenagakerjaan memperluas Program Jaminan Sosial Ketenagakerjaan bagi masyarakat Indonesia Bukan Penerima Upah (BPU).

Program tersebut mencakup dua program, yaitu Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) dan Jaminan Kematian (JKM).

Diharapkan, para pekerja Indonesia lebih nyaman karena terlindungi oleh kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan.

“BSI menyambut baik kerjasama ini sebagai bentuk literasi dan inklusi kepada masyarakat, khususnya yang belum mengikuti kepesertaan jaminan sosial ketenagakerjaan. Dengan jaringan lebih dari 125 ribu BSI Agen, kami berharap bisa mempermudah masyarakat untuk melakukan pendaftaran dan setoran iuran BPJS ketenagakerjaan,” jelas Direktur Sales & Distribution BSI, Anton Sukarna seperti dilansir laman BSI, Rabu (03/9).

Di kesempatan yang sama, Direktur Kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan, Eko Nugriyanto menyatakan, kerjasama dengan BSI untuk layanan pendaftaran peserta dan pembayaran iuran melalui BSI Agen bertujuan memudahkan akses dan mendekatkan layanan jaminan sosial kepada masyarakat, khususnya pekerja.

Kerjasama BPJS Ketenagakerjaan dengan BSI terkait layanan pendaftaran peserta BPU dan pembayaran iuran melalui BSI Agen akan mulai efektif (go live) pada tanggal 19 September 2025.

Di sisi lain, untuk meningkatkan inklusi keuangan, BSI meningkatkan jumlah BSI Agen.

Per posisi Agustus 2025 jumlah BSI Agen mencapai 125 ribu, naik 16,82% dibanding posisi tahun sebelumnya 107.321.

Sedangkan Volume Transaksi di BSI Agen per Agustus mencapai Rp51 Triliun transaksi atau 42 % Year on Year (YOY).

Meningkatnya jumlah BSI Agen juga dipengaruhi karena selain sebagai agen literasi, BSI Agen mampu menjadi alternatif layanan yang menjangkau daerah-daerah yang jauh dari kantor cabang.

Diketahui, layanan yang tersedia di BSI Agen cukup lengkap yakni setor dan tarik tunai, pembayaran tagihan, top-up e-wallet, referral gadai emas, hingga pelunasan pembayaran haji.