Kinerja Trio Bisnis Makin Solid, ASLC Siap ‘Ngebut’ di 2026
Pasardana.id - PT Autopedia Sukses Lestari Tbk (IDX: ASLC) yang bergerak di bisnis lelang (JBA), penjualan retail mobil bekas (Caroline.id), dan pegadaian (MotoGadai) siap memasuki tahun 2026 dengan harapan yang positif.
Berbekal landasan ekosistem bisnis mobil bekas terintegrasi yang solid, ASLC optimis prospek cerah dari bisnis yang digeluti akan terus berlanjut sepanjang tahun depan.
“Dengan memperhatikan perkembangan ekonomi yang berlangsung, kami melihat kecenderungan bahwa permintaan mobil bekas masih akan terus bertumbuh tahun depan. Berbasis ekosistem bisnis jual beli mobil bekas semakin lengkap dan terintegrasi yang kami miliki, Perseroan siap menyambut pertumbuhan permintaan tersebut,” kata Presiden Direktur Autopedia Sukses Lestari, Jany Candra, dalam keterangan tertulis, Jumat (28/11).
Hingga menjelang akhir tahun, penjualan mobil bekas ASLC sepanjang 2025 menunjukkan tren stabil dengan pemulihan bertahap sejak paruh kedua.
Pemulihan tersebut dapat dilihat pada kinerja di kuartal III tahun ini, dimana ASLC membukukan pertumbuhan pendapatan 15% YoY menjadi Rp713,0 miliar, dengan perolehan laba bersih sebesar Rp33,9 miliar.
Memberikan kontribusi hingga 71% dari total pendapatan ASLC, Caroline.id masih menjadi tulang punggung pendapatan Perseroan.
Sebagai platform jual beli mobil bekas yang aman dan terpercaya, pada periode Januari-September ini Caroline.id berhasil menjual mobil bekas lebih dari 3 ribu unit, meningkat hingga 26% YoY.
Penjualan Caroline.id pada periode ini tercatat sebesar Rp506,4 miliar, tumbuh hingga 22% YoY.
Sementara JBA sebagai balai lelang kendaraan bekas terbesar di Indonesia berhasil melelang lebih dari 92 ribu unit, dan mencatatkan pendapatan sebesar Rp201,8 miliar.
Disusul MotoGadai yang juga menunjukkan kinerja solid dengan membukukan pendapatan sebesar Rp4,8 miliar.
Capaian kinerja di kuartal ketiga tersebut merupakan buah dari sinergi yang kuat dari ketiga unit usaha yang bergerak sebagai satu ekosistem bisnis tersebut.
Ditambah dengan percepatan transformasi digital dan pengembangan layanan berbasis teknologi yang kini menjadi fokus ASLC, proses integrasi ketiga unit usaha menjadi satu ekosistem bisnis menjadi semakin solid.
Bahkan, inisiatif digital tersebut telah mampu menghadirkan pengalaman yang lebih aman, transparan, dan meyakinkan bagi pelanggan.
“Melihat perkembangan yang terjadi tersebut, kami optimis target pertumbuhan double digit untuk pendapatan di tahun 2025 ini akan bisa dicapai,” kata Jany.
Pertumbuhan kinerja yang berkesinambungan dapat dicapai antara lain melalui strategi ekspansi yang dijalankan secara berkelanjutan oleh Perseroan.
Pada tahun ini, ASLC menargetkan pembukaan beberapa showroom Caroline.id baru, di mana showroom baru telah resmi beroperasi di Pasir Kaliki Bandung dan di Cibubur.
Dengan adanya pembukaan tersebut, total jaringan showroom Caroline.id saat ini mencapai 17 lokasi.

