Jadi Ajang Pameran Terbesar, Jokowi Sebut Transaksi PRJ Tembus Rp7,3 Triliun

Foto : istimewa

Pasardana.id - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyebut Pekan Raya Jakarta (PRJ) atau Jakarta Fair 2023 di Kemayoran merupakan ajang perputaran uang yang sangat besar.

Menurut Mantan Gubernur DKI Jakarta ini, PRJ merupakan pameran terbesar, terlama dan terlengkap di Asia Tenggara.

"Tahun ini ajang pameran terbesar, terlama dan terlengkap di Asia Tenggara ini hadir kembali dan memasuki penyelenggaraan yang ke-54," kata Jokowi di acara pembukaan PRJ, Rabu (14/6/2023).

Lebih lanjut Presiden Jokowi menyampaikan, bahwa PRJ pada tahun lalu memiliki nilai transaksi yang mencapai Rp 7,3 triliun.

"Tahun lalu dikunjungi oleh 6,9 juta pengunjung dengan transaksi Rp 7,3 triliun, sebuah jumlah tidak kecil," ujar Jokowi.
Sementara itu, Karuna Murdaya selaku panitia Jakarta Fair mengatakan, dalam perkembangannya, jumlah pengunjung dan nilai transaksi Jakarta Fair terus mengalami peningkatan.

Ia mencatat, jumlah pengunjung PRJ pada tahun 2004 sebanyak 2,3 juta orang. Adapun nilai transaksi waktu itu ‘hanya’ sebanyak Rp 389 miliar.

Kemudian, pada tahun 2022 jumlah pengunjungnya mencapai 6,9 juta orang dengan total transaksi Rp 7,3 triliun.

Dalam event ini, jelasnya, pihaknya mengajak pelaku usaha untuk turut berkontribusi dalam peningkatan produktivitas.

"Pada penyelenggaraan tahun 2023 ini, JIExpo mengajak pelaku usaha ekonomi skala mikro dan makro di seluruh Tanah Air untuk turut serta berkontribusi dalam hal peningkatan produktivitas dan kreativitas," jelasnya.

Untuk diketahui, Jakarta Fair Kemayoran 2023 digelar di JIExpo Kemayoran, Jakarta Pusat, mulai tanggal 14 Juni sampai 16 Juli 2023.

Tahun ini, konser musik Jakarta Fair akan dihelat selama 32 hari, kecuali pada malam takbiran Idul Adha yang bertepatan pada 28 Juni 2023.

Pembelian tiket secara daring dapat dilakukan di jakartafair.co.id dan eventguide.id mulai 10 Juni 2023.