ANALIS MARKET (20/7/2022) : IHSG Berpotensi Melanjutkan Penguatan

foto : ilustrasi (ist)

Pasardana.id – Riset harian Reliance Sekuritas menyebutkan, IHSG di perdagangkan di zona hijau, di tutup di level 6736 +1.15%, penguatan IHSG didorong oleh kenaikan saham-saham komoditas yang kembali mengalami kenaikan yang mengekor harga komoditas. Beberapa sektor yang mendorong penguatan IHSG diantaranya yaitu sektor energy (+3.46%), sektor basic material (+3.41%), dan sektor teknology (+2.35%). Investor asing tercatat membukukan net buy sebesar Rp 2225 miliar dengan saham-saham yang paling banyak dibeli oleh investor asing adalah ADRO, ANTM, GOTO.

Secara teknikal, IHSG masih tertahan di level support di area 6600 serta IHSG kembali kebawah level MA 5 yang membuat IHSG masih akan sideway jika masih tertahandi area support-nya. Beberapa saham yang memiliki potensi naik untuk perdagangan hari ini, yaitu: BBYB, BFIN, TBIG, LSIP, EMTK, EXCL, HRUM, AKRA, ITMG.

Sementara itu, bursa AS kembali ditutup di zona hijua, cukup solid dengan penguatan tertinggi terjadi pada Nasdaq +3.11%. Penguatan bursa AS di dorong oleh rilisnya laporan keungan Q2 2022 yang membaik yang dapat meredakan kekhawatiran pelemahan ekonomi di AS.

MARKET OUTLOOK

Bursa Asia pada perdagangan Rabu (20/7) pagi ini, telah dibuka di zona hijau, saat laporan ini ditulis index kospi menguat +1.27% sementara index Nikke 225 menguat +2.00%.

Kemudian dari dalam negeri, dengan sentiment pelemahan pertumbuhan ekonomi global yang masih membayangi IHSG membuat IHSG masih volatile dan bergerak bervariasi, diperkirakan IHSG hari ini masih berpotensi melanjutkan penguatan, seiring dengan kenaikan harga komoditas.

“Kami perkirakan IHSG akan bergerak pada rentang 6600 – 6780,” sebut analis Reliance Sekuritas dalam riset yang dirilis Rabu (20/7/2022).