ANALIS MARKET (17/5/2022) : IHSG Diperkirakan Bergerak Positif

foto : ilustrasi (ist)

Pasardana.id – Riset harian Reliance Sekuritas menyebutkan, IHSG di perdagangkan bervariasi pada penutupan pekan lalu (13/5), namun ditutup melemah tipis di level 6597,9 (-0,03%). Tekanan jual dari para investor asing masih cukup kuat pada saham dengan kapitalisasi besar hal ini masih imbas dari sentiment global dimana kenaikan suku bunga The Fed di AS. Pelemahan bursa didorong oleh beberapa sektor seperti teknologi (-3,81%), sektor keuanagn dan (-0,92%). Investor asing membukukan net sell sebesar Rp 1,35 triliun , dengan saham-saham yang paling banyak dijual adalah: BBRI, BBCA, BMRI.

Secara teknikal, IHSG sempat mendekati level support di 6480 namun kembali menguat dimana masih tertahan di MA 200 yang akan diuji kembali pada hari ini. Beberapa saham yang memiliki potensi naik untuk perdagangan hari ini yaitu: GOOD, ASSA, BKDP, FREN, TPIA, SNLK, BBKP, WIFI, TRJA, BRIS, EXCL, IMJS, ESSA, BBNI.

Dari bursa AS pada pagi hari ini, ditutup mixed cendrung melemah dengan indeks Dow Jones yang hanya mengalami penguatan tipis +0,08. Pelemahan dari bursa AS terseret saham teknologi yang dimana merupakan beberapa diisi oleh saham-saham growth stock yang akan sangat berimbas dengan kenaikan suku bunga yang tinggi.

MARKET OUTLOOK

Dari bursa Asia pada pagi hari ini sudah diperdagangkan di zona hijau, saat laporan ini ditulis indeks Nikkei menguat 0.14%, dan indeks Kospi menguat 0.80%. Meskipun sentiment negative datang dari China dimana adanya kekhawatiran atas perlambatan ekonomi yang ditunjukan melalui data retail sales dan industrial production di China yang mengalami penurunan yang tajam hal ini juga berdampak dengan unemployment rate yang mengalami kenaikan.

Dari dalam negeri, IHSG pada hari ini diperkirakan akan bergerak positif mengikuti pergerakan yang terjadi pada bursa Asia. Para investor akan menunggu hasil neraca dagang hari ini yang diperkirakan akan tetap mengalami surplus, sementara dari komoditas harga minyak dan nikel mengalami penurunan dan harga batu bara masih solid.

“IHSG akan bergerak di rentang 6560 – 6670 pada perdagangan hari ini,” sebut analis Reliance sekuritas dalam riset yang dirilis Selasa (17/5/2022).