TLKM Dukung Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia di Ranah Minang

foto : istimewa

Pasardana.id - PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom, IDX: TLKM) kembali mendukung dan menyukseskan Gernas BBI Maju Berkah Basamo UMKM Sumatera Barat.

Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI) kembali hadir untuk para pelaku usaha, UMKM, dan masyarakat di Provinsi Sumatera Barat, tepatnya di Kota Bukittinggi, Kota Payakumbuh, dan Kota Padang, mulai April hingga Juni 2022.

Dengan semangat “Maju Berkah Basamo UMKM”, pada Selasa (12/4), Gernas BBI Sumatera Barat dibuka secara langsung oleh Wakil Presiden Republik Indonesia K.H. Ma’ruf Amin di plataran Jam Gadang Bukittinggi.

Dalam sambutannya, Wakil Presiden RI, K.H. Ma’ruf Amin mengatakan, Sumatera Barat sudah lama dikenal sebagai sentra UMKM dimana 89% perekonomian daerahnya ditopang oleh lebih dari 600 ribu UMKM.

“Kita akan terus berupaya agar produk dalam negeri khususnya UMKM dapat menjadi tuan rumah di negeri sendiri dan mengalahkan konsumsi produk impor," ujar Wapres, seperti dilansir dari siaran pers, Rabu (13/4).

Turut hadir dalam kegiatan tersebut antara lain: Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno, Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan Wimboh Santoso, serta Gubernur Sumatera Barat H. Mahyeldi Ansharullah, dan Wali Kota Bukittinggi Erman Safar.

Pada grand opening ceremony, dilakukan peresmian Virtual Expo Bangga Buatan Indonesia yang dikembangkan oleh Telkom.

Acara juga disemarakkan dengan peragaan busana muslim kain tenun asli Sumatera Barat.

Tak hanya dukungan akses layanan internet dan penyediaan booth UMKM binaan dari Sumatera Barat, Telkom turut menghadirkan virtual expo selama kegiatan Gernas BBI berlangsung di ranah minang.

Dengan platform berbasis web sebagai bentuk inovasi digital 3-Dimensi yang hadir melalui solusi Virtual Exhibition, Telkom memberikan pengalaman daring yang interaktif selama berjalannya pameran, expo, atau conference bagi pengunjung.

3D Virtual Exhibition tersebut juga bisa menjadi sarana untuk memperkenalkan alam, budaya dan UMKM yang ada di Indonesia yang sangat beragam.

Pada virtual expo, pengunjung dapat berkeliling seolah-olah mereka berdiri dan berada di dalam ruangan acara tersebut dengan menggunakan avatar yang bisa didesain oleh pengunjung sendiri.

Jika ingin berbelanja, pengunjung pun bisa berinteraksi dengan penjual yang berada di dalamnya dengan menggunakan fitur live chat.