Kampanyekan #MoneyParenting, Eastspring Gandeng BCA

foto: dok. Eastspring

Pasardana.id - PT Eastspring Investments Indonesia mengampanyekan kembali #MoneyParenting – Do it Right Together.

Kampanye ini merupakan suatu proses untuk meningkatkan pemahaman orang tua dalam mendidik sikap dan keyakinan mengenai keuangan kepada anaknya.

Kampanye yang telah diluncurkan pada November 2020 ini, sejalan dan mendukung program literasi keuangan yang juga dikampanyekan oleh OJK.

Harapannya, orang tua memberikan pendidikan keuangan sejak dini agar dapat menanamkan kebiasaan keuangan yang baik dan bisa mengambil keputusan keuangan yang bijak dan di masa depan.

Guna mewujudkan keberhasilan #MoneyParenting, para orang tua juga perlu memiliki pengetahuan dan keterampilan terkait finansial yang cukup baik untuk kemudian diteruskan kepada anak-anak mereka.

Adapun Eastspring Indonesia berkolaborasi dengan BCA (IDX: BBCA) dalam acara Wealth Inspiration Webinar Money Parenting yang bertemakan “Pentingnya Edukasi Keuangan Sejak Dini”.

Presiden Direktur Eastspring Indonesia Alan J. Tangkas Darmawan berharap, dengan kampanye #MoneyParenting, pihaknya bisa membimbing para orang tua dengan kepercayaan diri agar lebih paham bagaimana melatih anak dalam mengelola keuangan yang sukses.

"Melalui inisiatif ini, kami ingin membantu para orang tua memberikan pemahaman dasar mengenai pentingnya nilai uang kepada anak-anak, karena kami percaya orang tua memiliki peran yang sangat penting dalam membentuk keyakinan dan sikap anak sehari–hari yang dapat membantu anak-anak membuat keputusan finansial yang lebih baik saat mereka dewasa nanti," tutur Alan, Selasa (22/3/2022).

Sementara, Senior Executive Vice President Wealth Management BCA, Ugahary Yovvy Chandra mengatakan, BCA senantiasa hadir disisi nasabah dengan memberikan solusi keuangan yang menyeluruh dan relevan.

"Kali ini sebagai bagian rangkaian edukasi Investasi kepada nasabah khususnya para parents, BCA bersama dengan Eastspring Indonesia memberikan tips - tips dalam memberikan inspirasi dan mempersiapkan masa depan anak dan keluarga. Kami berharap, kolaborasi BCA dengan Eastspring Indonesia dapat bermanfaat bagi Nasabah," jelasnya.

Hasil survei Asia Money Parenting juga menyebutkan, sebanyak 30% orang tua Indonesia meyakini bahwa anak harus belajar menggunakan uang ketika usia mereka masih di bawah 6 tahun. Kemudian 32% lainnya percaya bahwa anak harus belajar mengelola uang ketika mereka berusia antara 7 dan 10 tahun.

"Dari sana, kami menyimpulkan tahapan money parenting anak sesuai usia, 3- 6 tahun mengenalkan konsep uang, 7-9 tahun memberi pemahaman akan nilai dari suatu barang, 10-12 tahun mengenalkan konsep menghasilkan (earn), menabung (save) dan membelanjakan (spend) serta 13 tahun ke atas mendorong anak mulai belajar mandiri untuk mengelola uangnya sendiri," ungkap Ugahary.

Lebih lanjut Alan juga menambahkan, Eastspring memahami bahwa anak-anak mulai membentuk kebiasaan finansial sejak usia 3 tahun. Oleh karena itu, sangat penting untuk memberikan pemahaman dasar mengenai keuangan sejak usia tersebut demi mengajarkan anak agar lebih bijak dalam mengambil keputusan keuangan di masa depan.