Sukseskan MotoGP Mandalika Sebagai Sponsor, Pertamina Juga Bangkitkan Bisnis UMKM

foto: istimewa

Pasardana.id - PT Pertamina (Persero) tak hanya menjadi sponsor resmi MotoGP Mandalika 2022.

Ternyata, Holding Migas BUMN ini juga ikut mendorong kebangkitan pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di kawasan tersebut.

Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati mengatakan, event Pertamina Grand Prix of Indonesia tentu berdampak pada kebangkitan ekonomi, khususnya untuk kawasan NTB. Salah satunya kebangkitan para pegiat usaha UMKM.

"Tentu dengan adanya kegiatan ini membuka peluang untuk para pegiat UMKM di NTB untuk bisa memasarkan produk mereka, bahkan bisa mendunia, dan tentu berdampak pada kebangkitan ekonomi kita," kata Nicke, Senin (21/3/2022).

Nicke mengatakan, sejak 3 bulan lalu Pertamina sudah menyiapkan UMKM binaan Pertamina untuk hadir dalam event MotoGP Mandalika.

Bahkan, Pertamina telah mengkurasi dan memilih sebanyak 50 UMKM untuk menyediakan kebutuhan pengunjung MotoGP Mandalika, terutama aneka makanan dan minuman.

"UMKM kita menyediakan aneka makanan dan minuman siap saji. Tak hanya itu, ada juga berbagai produk lokal seperti kopi, madu, kerajinan tangan dan juga tentunya souvenir khas Lombok yakni mutiara. Tentu ini jadi momen untuk UMKM di NTB bisa bangkit dan mendunia," kata Nicke.

Untuk diketahui, Pertamina menjadi sponsor utama dalam MotoGP Mandalika 2022, baik dalam penamaan sirkuit yakni 'Pertamina Mandalika International Street Circuit' maupun dalam pelaksanaan event yakni 'Pertamina Grand Prix of Indonesia'.

Keterlibatan Pertamina ini dilakukan dalam upaya mendukung Instruksi Presiden Joko Widodo pada pengembangan 5 Destinasi Pariwisata Super Prioritas.