Menko Marves Beberkan Tiga Fokus Utama RI di Forum Transisi Energi G20

Foto : istimewa

Pasardana.id - Transisi energi menjadi salah satu isu penting dan agenda utama dalam gelaran forum G20 Presidensi Indonesia tahun 2022 ini.

Sejalan untuk mewujudkan energi yang berkelanjutan dan berkeadilan, Pemerintah Indonesia meluncurkan Forum Transisi Energi G20 dengan tujuan agar bisa bersama-sama melakukan pembahasan dengan negara-negara yang terlibat dalam G20.

Menteri Koordinasi Bidang Maritim dan Investasi (Menko Marves), Luhut Binsar Pandjaitan yang mewakili Presiden Joko Widodo (Jokowi) pun membeberkan 3 fokus pemerintah Indonesia dalam Forum Transisi Energi G20 Presidensi Indonesia.  

Menurut dia, Forum Transisi Energi G20 Indonesia akan fokus pada 3 hal krusial, akses energi, teknologi, dan pendanaan.

“Forum Transisi Energi G20 Presidensi Indonesia akan fokus pada tiga hal krusial, yaitu akses energi, teknologi, dan pendanaan. Inilah tiga hal penting dalam transisi energi,” kata Menko Luhut dalam peluncuran Transisi energi secara virtual, dikutip Jumat (11/2/2022).  

Dia mengungkapkan, inisiatif ini sejalan dengan prioritas Pemerintah di G20 yang salah satunya adalah pembangunan hijau seperti di Kalimantan Utara.

“Di sini, kami butuh peran investasi. Kami telah menandai beberapa tonggak penting, kami telah melihat kemajuan besar, dan saya yakin dampak positifnya akan menyebar ke seluruh wilayah Indonesia,” ujanya.

Dijelaskan, transisi energi berdampak tak hanya bagi Indonesia, namun juga bagi seluruh negara G20 dan komunitas global.

Tidak juga hanya untuk pemerintah, tetapi juga bagi korporasi, lembaga keuangan, dan seluruh pemangku kepentingan.

“Saya akan dorong Menteri ESDM untuk mendorong dan agar mendukung penug untuk mencapai seluruh pencapaian dari percepatan  transisi energi. Indonesia telah bertekad mencapai Netral Karbon pada 2060, atau lebih cepat dari itu dengan dukungan internasional,” tandasnya.