Marching Band Bukit Asam Ukir Prestasi di Perhelatan Bergengsi Tingkat Nasional

foto : istimewa

Pasardana.id - Marching Band Bukit Asam (MBBA) kembali mengukir prestasi pada perhelatan kompetisi marching band terbesar dan bergengsi tingkat nasional, Indonesian Drum Corps Championship (IDCC) yang diselenggarakan pada tanggal 25-27 November 2022 di Youth Centre Sport Arcamanik Bandung oleh Indonesian Drum Corps Associaton (IDCA) bekerja sama dengan Drum Corps International (DCI) Amerika.

Ketua Umum Persatuan Olahraga dan Seni PT Bukit Asam Tbk (PORSIBA), Satria Wirawan, menyampaikan rasa bangganya atas pencapaian yang telah ditorehkan MBBA tersebut dan berharap, hal itu terus dapat ditingkatkan bahkan sampai ke level internasional.

"Terima kasih atas perjuangannya. Terus lah berlatih, berkarya dan berprestasi. Jangan mudah puas, ukir prestasi sampai ke level internasional," ujar Wirawan, seperti dilansir dari siaran pers, Rabu (30/11/2022).

Sejauh Ini, MBBA yang merupakan binaan Persatuan Olahraga dan Seni PT Bukit Asam Tbk (PORSIBA) telah menorehkan prestasi yang sangat membanggakan PTBA dan Kabupaten Muara Enim, antara lain:

Juara I Nasional Individual Drum Set atas nama KMS Pradarta Kamandhanu, Juara II Nasional Individual Pits Instrument atas nama Nadila Devani, Juara III Nasional Individual Percussion atas nama Akhsen Pangestu, dan Peringkat 4 Besar Nasional Brass Ensamble atas nama Marchingband Bukit Asam.

Dari 4 mata lomba yang diikuti oleh MBBA, semuanya masuk sampai ke babak final. Di babak final, 3 dari 4 mata lomba yang diikuti mendapatkan gelar juara.

Di tempat terpisah, Ketua Persatuan Drum Band Indonesia (PDBI) Kabupaten Muara Enim yang juga menjabat sebagai Koordinator Bidang Seni PORSIBA, Iko Gusman juga memberikan apresiasi setinggi-tingginya terhadap pencapaian yang telah diperoleh MBBA.

"Muara Enim memiliki putra-putri yang berkualitas dan tidak kalah dengan daerah lain bahkan kota besar lainnya. Dengan bantuan, dukungan dan pembinaan dari perusahaan, dalam hal ini PTBA, kami meyakini prestasi di bidang marching band atau drumband akan terus dapat terukir dan terus dapat membanggakan bukan hanya Muara Enim namun Sumatera Selatan pada umumnya," ujar Iko.

Ketua MBBA, Julius P Hutasoit yang ikut mendampingi selama kompetisi menyampaikan, capaian prestasi tersebut merupakan hasil dari proses yang telah dilakukan dan diharapkan capaian tersebut dapat memacu MBBA untuk lebih maju lagi ke depannya.

"Tidak ada hasil yg menghianati proses," ujarnya.

Adapun kegiatan itu merupakan perhelatan IDCC ke-5 dengan menghadirkan juri-juri profesional yang didatangkan langsung dari DCI Amerika Serikat dengan mata lomba Sound Spot, Drumline Battle, Street Parade dan Individual Contest untuk kategori Elementary Class, Senior Class, dan Challange Class dengan memperebutkan Hadiah Uang Pembinaan dengan total nilai Rp500 juta.

Turut serta dalam perhelatan tersebut unit-unit marching band besar yang tersebar di seluruh Indonesia, di antaranya Marching Band Bukit Asam (MBBA), Marching Band Pupuk Kaltim Bontang, Marching Band Locomotive  (PT KAI), Marching Band Nawala (PT Pos), Marching Band PUSRI, Marching Band Hairul Imam Medan, Marching Band Gita Pakuan, Marching Band UPN, dan beberapa unit marching band lainnya.