17 Kepala Negara Terkonfirmasi Bakal Hadiri KTT G20 di Bali

Foto : istimewa

Pasardana.id - Menteri Luar Negeri, Retno Marsudi menyatakan, bahwa hingga saat ini, tingkat kehadiran para pemimpin G20 sangat tinggi.

Meski demikian, Menlu Retno juga menyebut bahwa beberapa pemimpin negara masih menunggu konfirmasi kehadiran karena situasi khusus.

Menlu Retno juga mengatakan, sudah ada 18 negara yang mengajukan pertemuan bilateral dengan Jokowi di sela-sela KTT G20 nanti.

Meski tidak membeberkan daftar negara tersebut, ia memastikan Amerika Serikat menjadi salah satu negara dalam daftar itu.

Sementara itu, mengutip unggahan di akun Instagram resminya, Minggu (6/11), Presiden Joko Widodo (Jokowi) memastikan, sebanyak 17 kepala negara akan menghadiri konferensi yang akan digelar di Bali, pada 15-16 November 2022 mendatang.  

Menurut Jokowi, kepastian itu telah diterima melalui konfirmasi yang disampaikan oleh pemerintah ke-17 negara anggota G20.

Dengan demikian, masih ada tiga negara yang belum mengonfirmasi apakah pemimpinnya bakal hadir ke Bali atau tidak.

"Setidaknya, sudah 17 pemimpin negara yang telah menyatakan kesediaan untuk hadir. Tiga lainnya sedang ditunggu konfirmasinya," kata Jokowi dalam

Senada dengan Menlu Retno, dalam unggahannya, Presiden Jokowi juga tidak menyebut negara mana saja yang sudah dan belum mengonfirmasi kehadiran di KTT G20.

Meski begitu, sebagai tuan rumah, Jokowi menegaskan tetap mengundang seluruh anggota G20 dalam pertemuan puncak nanti.

Adapun pemerintah akan menyediakan waktu untuk negara-negara itu bertemu Jokowi pada KTT ASEAN di Vietnam pada 10-13 November.

Sebagian lainnya kemungkinan akan melakukan pertemuan bilateral dengan Jokowi pada KTT APEC di Thailand pada 15-16 November.

Gelaran KTT G20 kali ini menjadi sorotan lantaran terjadi di tengah invasi Rusia ke Ukraina dan ketika Indonesia menjadi tuan rumah.

Kehadiran Presiden Rusia, Vladimir Putin pun menjadi sorotan karena sebagian negara G20 terutama Amerika Serikat dan sekutu menolak kehadiran perwakilan Moskow di forum tersebut.