INTP Pastikan Lakukan Efisiensi Dalam Berinovasi

Foto : Dok. INTP

Pasardana.id - PT Indocement Tunggal Prakarsa Tbk (IDX: INTP) dalam melalukan inovasi selalu memastikan diri untuk selalu siap beradaptasi menghadapi perubahan jaman serta perkembangan kebutuhan pelanggannya namun tetap mampu menjaga efisiensi dan efektivitas dalam operasional.

Direktur INTP, Antonius Marcos menjelaskan, penerapan inovasi ini juga sangat penting bagi perseroan karena mampu meningkatkan efisiensi dan efektivitas operasional perusahaan.

“Dari tahun ke tahun, Kami mampu menciptakan karya inovasi yang memiliki keunggulan, baik dalam segi bobot materi dan kepatuhan dalam etika penuangan di setiap jenis inovasi,” kata dia kepada media, Senin (28/11/2022).

Ia bilang, pengakuan tersebut sudah dikonfirmasi melalui pencapaian delegasi INTP di ajang International Convention on Quality Control Circle (ICQCC) 2022 dengan meraih enam predikat emas.

“Kami berhasil menyabet enam predikat emas di ajang yang diselenggarakan di Jakarta. Konvensi bergengsi ini berlangsung pada 15–18 November 2022 di Jakarta yang diikuti oleh 15 negara, yaitu Indonesia, Bangladesh, Tiongkok, India, Jepang, Malaysia, Filipina, Singapura, Sri Lanka, Korea, Taiwan, Thailand, Amerika Serikat, Vietnam, dan Zambia, dengan total jumlah peserta kovensi mencapai 4.518 orang yang terbagi dalam 757 quality control circle (QCC),” papar dia.

Pada konvensi kali ini, lanjut dia, INTP mengirimkan enam delegasi (G-Six) yang merupakan QCC dan Tim Manajemen Mutu (TMM) yang telah menjuarai Indocement Innovation Awards (IIA) 2022.

IIA 2022 sendiri merupakan ajang kompetisi internal tahunan di INTP yang menjadi wadah para inovator dalam beradu ide dan gagasan dalam menyelesaikan masalah dalam operasional perusahaan dengan menggunakan berbagai metodologi sekaligus menjadi langkah untuk mengapresiasi para penggiat inovasi dan meningkatkan budaya inovasi.

Delegasi INTP) yang berhasil  meraih Dua Predikat Prima Emas dan Empat Predikat Emas adalah:

  1. QCC QUANTUM (Plant 12, Kompleks Pabrik Tarjun) dengan Metodologi PDCA  TULTA meraih Predikat Prima Emas
  2. QCC NON STOP (Plant 14, Kompleks Pabrik Citeureup) dengan Metodologi PDCA TULTAmeraih Predikat Prima Emas
  3. QCC HARIMAN (Plant 9/10, Kompleks Pabrik Cirebon) dengan Metodologi DESIGN THINKING meraih predikat Emas
  4. QCC OKE (Plant 6/11, Kompleks Pabrik Citeureup) dengan Metodologi SIX SIGMAmeraih predikat Emas
  5. TMM TIRO TEAM (SSPD, Commercial Directorate) dengan Metodologi SIX SIGMAmeraih predikat Emas
  6. TMM TAX (FAD, Finance Directorate) dengan Metodologi SIX SIGMAmeraih predikat Emas.

Pada ICQCC 2022 ini, INTP juga memperoleh Sertifikat Penilai Internasional, setelah melewati proses seleksi yang ketat.

Sertifikat tersebut diberikan kepada tiga karyawan Indocement yaitu Winarta (QSMR), Difi Nuari Nugroho (Plant 6/11), dan Suryana (Plant 12).