Tokio Marine Tambah Kepemilikan Sahamnya di PT Asuransi Tokio Marine Indonesia

foto : ilustrasi (ist)

Pasardana.id - Tokio Marine Holdings, Inc. (Tokio Marine) menambah kepemilikan saham di PT Asuransi Tokio Marine Indonesia (TMI) dari 60% menjadi 80% melalui anak perusahaannya, Tokio Marine Asia Pte. Ltd. (Tokio Marine Asia).

Kepemilikan saham ini mengalami peningkatan setelah Tokio Marine mengakuisi 20% saham TMI milik mitra usaha patungannya, PT. Asuransi Jasa Indonesia (Jasindo), senilai Rp 509 miliar (sekitar US$ 33 juta).

Melansir siaran pers, Kamis (24/11) disebutkan, sejalan dengan strategi bisnis internasional Tokio Marine, penambahan kepemilikan saham di TMI akan mendukung pertumbuhan yang berkelanjutan dan peningkatan profit, serta perluasan portofolio bisnis yang terdiversifikasi dengan menangkap peluang pertumbuhan di negara berkembang.

Perekonomian Indonesia terus mengalami pertumbuhan yang stabil dan merupakan pasar asuransi umum terbesar kedua di ASEAN. Negara ini juga memiliki jumlah penduduk terbesar keempat di dunia.

Dengan demikian, skala pasar Indonesia diharapkan akan menjadi yang terbesar di ASEAN dalam 10 tahun mendatang, mengungguli Thailand.

Dengan mengandalkan keahlian dan spesialisasi Tokio Marine yang luas di bidang asuransi, TMI akan terus menyediakan berbagai produk dan layanan berkualitas tinggi untuk memenuhi kebutuhan para pelanggan, serta mencapai pertumbuhan yang berkelanjutan dan profitabel untuk berkontribusi terhadap bisnis asuransi internasional Tokio Marine, serta perkembangan sektor asuransi umum di Indonesia.

Sejak tahun 1973, Tokio Marine merintis bisnis asuransi umum di Indonesia sebagai agen Jasindo, salah satu Badan Usaha Milik Negara (BUMN) terbesar yang bergerak di bidang asuransi umum. 

Tokio Marine menyediakan berbagai produk dan layanan asuransi bagi perusahaan Jepang yang berbisnis di Indonesia.

Pada tahun 1975, perusahaan patungan didirikan bersama Jasindo yang terbentuk melalui entitas PT. Asuransi Jayasraya.

Setelah Tokio Marine menjadi pemegang saham utama pada tahun 1990, nama perusahaan ini berubah menjadi PT Asuransi Tokio Marine Indonesia.

Dengan Mengandalkan citra merek dan posisi keuangan Tokio Marine yang kuat, TMI terus berkembang dengan memperluas jaringan kantor cabang di Indonesia.

Kini, pangsa pasar TMI berada di posisi ke-13 untuk Pendapatan Premi Bruto (Gross Written Premium), serta merupakan salah satu perusahaan asuransi yang paling profitabel di Indonesia.