MBSS Tambah Utang Sebesar Rp270 Miliar

foto : ilustrasi (ist)

Pasardana.id - PT Mitrabahtera Segara Sejati Tbk (IDX: MBSS) telah mendapatkan 2 fasilitas kredit dengan nilai total Rp270 miliar dari PT Ban Central Asia Tbk (IDX: BBCA) pada tanggal 21 Januari 2022.

Sekretaris Perusahaan MBSS, Emy Oktavia menjelaskan, fasilitas pinjaman dengan bunga yang kompetitif ini akan digunakan untuk investasi.

“Akan berdampak positif untuk kelangsungan usaha perseroan,” tulis Emy dalam keterbukaan informasi pada laman Bursa Efek Indonesia (BEI), Senin (24/1/2022).

Adapun 2 jenis pinjaman itu terdiri dari fasilitas kredit investasi dengan nilai Rp200 miliar dengan jangka lima tahun dan tanpa grace period. Kedua, fasilitas kredit lokal senilai Rp70 miliiar dengan jangka waktu 1 tahun.

Untuk memuluskan pencairan kredit, MBSS telah menjaminkan hipotik atas armadanya mulai dari kapal tunda hingga tongkang.

Bahkan, pemegang saham pengendali perseroan, Galley Adhika Arnawama juga bertindak selaku penjamin.

Sementara itu, berdasarkan laporan keuangan MBSS per 30 September 2021 telah audit, tercatat utang bank yang jatuh tempo dalam setahun senilai USD9,32 juta dan utang bank jangka panjang sebesar USD6,601 juta.