ANALIS MARKET (24/1/2022) : IHSG Diproyeksi Bergerak Sideways Cenderung Negatif

foto : ilustrasi (ist)

Pasardana.id – Riset harian Reliance Sekuritas menyebutkan, pada perdagangan Jumat pekan lalu (21/1), IHSG berhasil ditutup pada level all time high (ATH) yakni di 6726.37 (+1,5%). Terlihat adanya indikasi marking the close, dimana pasar memompa beberapa harga saham tertentu untuk mencapai tingkat indeks yang tinggi. Beberapa saham tersebut adalah BBCA, BBRI, dan TLKM yang merupakan pemilik market cap terbesar di pasar. Sektor-sektor yang mendorong penguatan IHSG yaitu sektor material dasar (+1,96%), sektor energi (+1,92%), dan sektor keuangan serta teknologi (+1,41%). Investor asing membukukan net buy di pasar reguler sebanyak Rp 978,23 miliar dengan saham-saham yang paling banyak dikumpulkan yaitu: BBCA, BMRI, TLKM.

Secara teknikal analis, IHSG membentuk ATH dengan kuat, terbentuk candle dengan rentang yang panjang. Di samping itu, IHSG tutup tepat di level resistance 6726 yang terbentuk dari Fibonacci, mengindikasikan potensi reversal. Beberapa saham yang memiliki potensi kenaikan yaitu: MDKA, INCO, TBIG, ADRO, ARTO, BFIN, SIDO, BBCA, WIFI. Terjadi pelemahan yang cukup dalam pada bursa AS, menyusul laporan keuangan dari beberapa emiten-emiten, khususnya teknologi yang dilaporkan mengalami penurunan, akibat serangan pandemi covid-19. Meski demikian, diketahui terjadi penurunan pada imbal hasil treasury AS yang cukup signifikan.

MARKET OUTLOOK

Bursa Asia pada perdagangan Senin (24/1) pagi ini, sudah diperdagangkan di zona merah yang cukup dalam, Nikkei melemah 0,7%, dan Kospi melemah 1,2%, meski bursa Malaysia hanya melemah 0,05%. Potensi pelemahan masih ada pada bursa Asia, akibat dari outlook ekonomi selama tahun 2022.

Dari dalam negeri, beberapa sentimen negatif mulai mengguyur pasar, beberapa diantaranya seperti pelemahan bursa AS, kemudian kabar mengenai 2 korban jiwa dari virus corona varian omicron. Hal ini tentu akan mempengaruhi pandangan investor terhadap pasar pada hari ini.

“Oleh karena itu, kami melihat IHSG hari ini akan bergerak sideways cenderung negatif dengan rentang 6560 – 6800,” sebut analis Reliance Sekuritas dalam riset yang dirilis Senin (24/1/2022).