Tensi Rusia-Ukraina Meningkat, Harga Minyak Dunia Naik

foto: istimewa

Pasardana.id - Harga minyak dunia naik pada Jumat (14/1/2022) dipicu meningkatnya tensi Rusia-Ukraina yang mengancam pasokan minyak mentah ke pasar global.

Seperti dilansir Reuters, harga minyak West Texas Intermediate (WTI) untuk pengiriman Februari 2022 naik US$1,70, atau sekitar 2,1 persen, menjadi US$83,82 per barel di New York Mercantile Exchange. Dalam sepekan terakhir, harga minyak WTI meningkat 6,3 persen.

Harga minyak mentah Brent untuk pengiriman Februari 2022 naik US$1,59, atau sekitar 1,9 persen, menjadi US$86,06 per barel di London ICE Futures Exchange. Harga minyak mentah Brent meningkat 5,4 persen dalam sepekan terakhir.

Baik harga minyak WTI maupun Brent masuk ke dalam teritori overbought untuk pertama kalinya sejak Oktober.

Data intelijen Amerika Serikat mengungkap kesiapan Rusia menyerang Ukraina dalam waktu dekat. Sekitar 100.000 tentara Rusia telah disiapkan di perbatasan negara tersebut dengan Ukraina.

Pemerintah AS berharap ancaman sanksi berat dapat membatalkan rencana Rusia untuk menginvasi Ukraina.

Sementara itu, laporan yang dirilis perusahaan jasa perminyakan Baker Hughes pada Jumat menyebutkan bahwa jumlah fasilitas pemboran minyak yang aktif di AS naik 11 menjadi 492 pekan ini, peningkatan tertinggi sejak April 2020.