Risiko Meningkat, Pefindo Turunkan Peringkat PSAB jadi idBBB

foto : ilustrasi (ist)

Pasardana.id - Pemeringkat Efek Indonesia (Pefindo) menurunkan peringkat perusahaan PT J Resources Asia Pasifik Tbk (IDX: PSAB) dan Obligasi Berkelanjutan I menjadi “idBBB” dari “idA”.

Seiring dengan itu, outlook Perusahaan menjadi “CreditWatch dengan implikasi negatif” dari sebelumnya “stabil”.

Analis Pefindo, Kresna Piet Wiryawan menyatakan, tindakan ini mencerminkan meningkatnya risiko pembiayaan kembali dan likuiditas yang dipicu oleh permintaan salah satu krediturnya untuk melunasi seluruh kewajibannya senilai USD95,09 juta pada tanggal 1 September 2021.

“Situasi ini juga membatasi upaya PSAB dalam mengembangkan salah satu proyeknya di Doup yang sebelumnya akan dibiayai oleh kreditur tersebut,” ulas dia dalam dalam laporannya, Selasa (21/9/2021).

Meski demikian, Kresna mengetahui PSAB tengah berupaya untuk melunasi pinjaman bank tersebut dengan mencari sumber pendanaan dari investor baru, namun mengingat waktu yang terbatas untuk menggalang dana yang besar.

“PSAB menghadapi risiko ketidakpastian dalam memenuhi kewajiban keuangan tersebut dan juga Obligasi Berkelanjutan I Tahap VI seri A senilai Rp252,2 miliar yang akan jatuh tempo pada 7 Desember 2021 dan sebelumnya direncanakan untuk dilunasi menggunakan kombinasi dari kas internal dan pendanaan eksternal,” papar dia.  

Bahkan, lanjut dia, jika PSAB mengalami ketidakmampuan dalam mengatasi risiko pembiayaan kembali dan likuiditas dalam beberapa minggu mendatang dapat berdampak pada penurunan peringkat yang signifikan.

Sebaliknya, jelas dia, Pefindo dapat menaikkan peringkat apabila PSAB secara menyakinkan dapat meningkatkan kelonggaran keuangannya termasuk dengan adanya tingkat kepastian yang cukup tinggi terkait komitmen pendanaan untuk mendukung penyelesaian proyek Doup yang juga akan memperbaiki profil bisnis Perusahan secara keseluruhan.

Untuk diketahui, peringkat tersebut berlaku mulai tanggal 17 September hingga 17 Desember 2021.