TPIA Diobral Rp4.082 Per Lembar

foto : ilustrasi (ist)

Pasardana.id - Efek bersifat ekuitas PT Chandra Asri Petrochemical Tbk (IDX: TPIA) diobral hanya seharga Rp4.082 per lembar di pasar negosiasi pada perdagangan hari ini, Selasa (14/9/2021).

Rincinya, berdasarkan pantauan Pasardana.id, pada pasar negosiasi telah terjadi transaksi 6,9 juta lot TPIA pada harga Rp 4.082 per lembar, sehingga total nilai transaksi yang hannya sekali transaksi mencapai Rp2,836 triliun.

Transaksi itu difasilitasi oleh anggota bursa (AB) dengan kode perdagangan DX atau Bahana Sekuritas (jual), sedangkan AB yang bertindak selaku pembeli adalah BCA sekuritas.

Sedangkan pada pasar reguler, saham emiten petrokimia itu diperdagangan mulai dari level terendah Rp6.800 per lembar dan level tertinggi pada level Rp7.100 dengan nilai transaksi Rp58,7 miliar.

Sebelumnya, Prajogo Pangestu mengumumkan akan melepas kepemilikan sahamnya pada perusahaan petrokimia tersebut kepada PT TOP Investment Indonesia.

Hal itu tertuang dalam prospektus right issue TPIA pada laman Bursa Efek Indonesia (BEI), Selasa (24/8/2021).

“Prajogo Pangestu dan Top Invesment Indonesia juga telah menandatangani Perjanjian Jual Beli Bersyarat tanggal 29 Juli 2021 sehubungan dengan penjualan saham milik Prajogo Pangestu dalam Perseroan kepada TII (PJBB),” tulis manajemen TPIA.

Hanya saja, dalam prospektus tersebut tidak dirinci lebih jauh terkait jumlah saham TPIA yang akan dilepas oleh Prajogo.

Tapi, jika masih mengacu pada prospektus itu, pendiri Chandra Asri itu kini masih memegang sebanyak 2.377.401.195 lembar saham atau 13,33 persen porsi saham TPIA.