Emiten Baru Dengan Kapitalisasi Pasar Jumbo Dapat Segara Masuk LQ45

foto : ilustrasi (ist)

Pasardana.id - Bursa Efek Indonesia (BEI) mempermudah emiten dengan kapitalisasi jumbo untuk dapat masuk dalam daftar indeks utama bursa seperti IDX30, LQ45, IDX80, JII, JII70, IDXBUMN20 dan IDX-MES BUMN 17.

Hal tersebut tertuang dalam perubahan kriteria pemilihan konstituen indeks tersebut dengan Nomor Peng-0023/BEI.POP/08.2021.

Menurut Direktur Perdagangan dan Pengaturan Anggota Bursa BEI, Laksono Widodo, bahwa aturan ini dipakai supaya ada representasi yang lebih sesuai di indeks-indeks utama BEI, seperti: IDX30, LQ45 dan IDX80, karena adanya perusahaan terbuka yang baru dengan kapitalisasi pasar jumbo dan mempunyai likuditas yang tinggi.

“Sehingga akan lebih tercermin kondisi terbaru tersebut di indeks-indeks utama tersebut,” kata dia kepada media, Kamis (5/8/2021).

Adapun kriteria pemilihan konstituen indeks yang memungkinkan perusahaan tercatat dapat dipertimbangkan segera masuk ke dalam konstituen indeks (fast entry) jika memenuhi kriteria hanya cukup tercatat minimal 20 hari bursa, memiliki kapitalisasi pasar free float minimal berada pada peringkat atau minimal 2 persen dari total kapitalisasi pasar free float Indeks IDX30 dan Memenuhi kriteria dan mengikuti proses seleksi Indeks IDX30 yang ditentukan oleh BEI.

Sebelumnya, BEI mensyaratkan tercatat di BEI minimal 3 bulan, memiliki kondisi keuangan, prospek pertumbuhan, serta nilai transaksi yang tinggi, masuk dalam 60 saham berdasarkan nilai transaksi pada pasar regular dalam 12 bulan terakhir, termasuk dalam 60 saham dengan kapitalisasi tertinggi dalam 1 – 2 bulan terakhir, serta dari 60 saham tersebut, 30 saham teratas akan masuk secara otomatis dalam perhitungan indeks LQ45.