Jadi Supermarket Saham & Reksa Dana, MotionTrade Gandeng 14 Manajer Investasi

foto : istimewa

Pasardana.id - MNC Sekuritas, yang merupakan unit bisnis dari PT MNC Kapital Indonesia Tbk (IDX: BCAP) terus melakukan inovasi untuk menjadi semakin baik dari waktu ke waktu. 

Yang terbaru, dengan rebranding aplikasi MNC Trade New menjadi aplikasi MotionTrade, yang bertujuan untuk semakin menunjang aktivitas investasi nasabahnya.

MotionTrade adalah aplikasi perdagangan saham dan reksa dana online, memberikan pengalaman digital yang stabil, cepat, dan aman. MotionTrade dapat digunakan pada perangkat apa pun, baik smartphone dan smartwatch berbasis Android maupun iOS, tablet, hingga komputer berbasis Windows atau Mac OS. 

MotionTrade juga dilengkapi dengan perintah suara (voice command), fitur baru yang tidak tersedia di platform trading online manapun.

Pengguna dapat menggunakan fitur perintah suara untuk membuka berbagai menu, input transaksi beli/jual, membaca berita, mengecek harga saham dan mengakses berbagai aktivitas di aplikasi.

Untuk memenuhi kebutuhan analisa teknikal bagi trader profesional, MotionTrade juga dilengkapi dengan fitur chart komprehensif besutan TradingView, untuk membantu trader memvisualisasikan dan menyusun strategi trading

TradingView Chart ini dilengkapi dengan berbagai drawing tools dan indikator teknikal yang dapat disesuaikan dengan keinginan pengguna seperti: TrendLine, Gann and Fibbonaci, MacD, Ichimoku, Volatility Index dan masih banyak lagi.

Pembukaan rekening juga dapat dilakukan sepenuhnya secara online melalui MotionTrade.

Dalam acara Peluncuran MotionTrade secara virtual, Kamis (26/8), MNC Sekuritas melakukan peresmian kerja sama dengan 14 Manajer Investasi (MI), antara lain:

  1. MNC Asset Management, diwakili oleh Direktur Utama MNC Asset Management Frery Kojongian
  2. Syailendra Capital Asset Management, diwakili oleh Head of Investment Specialist Capital Asset Management Mochamad Aldies Sageri
  3. Avrist Asset Management, diwakili oleh Direktur Pemasaran Avrist Asset Management Jonni Hutabarat
  4. Ciptadana Asset Management, diwakili oleh Direktur Utama Ciptadana Asset Management Paula Komarudin
  5. Henan Putihrai Asset Management, diwakili oleh Managing Director Henan Putihrai Asset Management Markam Halim
  6. KISI Asset Management, diwakili oleh Direktur Utama KISI Asset Management Mustofa
  7. Kiwoom Investment Management Indonesia, diwakili oleh Direktur Utama Kiwoom Investment Management Indonesia Sudjadi Uganda
  8. Maybank Asset Management, diwakili oleh Direktur Maybank Asset Management Raja Edham Zulkarnaen
  9. Phillip Asset Management, diwakili oleh Direktur Utama Phillip Asset Management Pradono Joko T. Himawan
  10. Pinnacle Persada Investama, diwakili oleh Direktur Pinnacle Persada Investama Andri Yauhari
  11. Prospera Asset Management, diwakili oleh Direktur PT Prospera Asset Management Elisabeth Dwika Sari
  12. STAR Asset Management, diwakili oleh Presiden Direktur STAR Asset Management Reita Farianti
  13. Reliance Manajer Investasi, diwakili oleh Direktur Utama PT Reliance Manajer Investasi Akhabani
  14. Trimegah Asset Management, diwakili oleh Direktur Utama Trimegah Asset Management Antony Dirga.

Dalam sambutannya, Direktur Utama MNC Sekuritas, Susy Meilina mengungkapkan, tak hanya untuk trading saham, MotionTrade juga dilengkapi dengan kemampuan jual beli reksa dana.

MotionTrade diharapkan akan menjadi supermarket reksa dana dengan berbagai pilihan produk reksadana dari Manajer Investasi (MI) terbaik dan ternama dalam satu aplikasi yang juga digunakan untuk bertransaksi saham. 

Dana yang ada di Rekening Dana Nasabah juga dapat digunakan untuk membeli reksa dana.

Selain itu, portofolio reksa dana dapat dijadikan jaminan transaksi saham.

“Kami sangat mendukung kerja sama yang terjalin antara MNC Sekuritas dengan 14 Manajer Investasi ini. Ke depannya, kami terbuka untuk memperluas jangkauan kerja sama maupun variasi produk di MotionTrade,” jelas Susy, seperti dilansir dalam siaran pers, Jumat (27/8).

Di kesempatan yang sama, Executive Chairman MNC Group, Hary Tanoesoedibjo mengungkapkan, MotionTrade akan diintegrasikan ke dalam ekosistem Motion yang sedang gencar dibangun BCAP, sebagai komitmen untuk menciptakan ekosistem fintech end-to-end yang menempatkan kenyamanan pengguna di setiap langkah perjalanan inovasinya.

“Saya bangga dengan berbagai solusi inovatif serta kinerja MNC Sekuritas, khususnya dengan hadirnya MotionTrade," ujar Hary. 

“MotionTrade akan mengambil peran penting dalam ekosistem MotionTechnology, suatu konsep yang mengintegrasikan berbagai aplikasi fintech MNC Financial Services, seperti MotionBanking, MotionPay, MotionInsure dan aplikasi Motion lain yang sedang dikembangkan. MNC Bank saat ini sedang dalam proses untuk menjadi bank penampung Rekening Dana Nasabah (RDN). Setelah disetujui, MotionTrade akan bekerja sama dengan MotionBanking untuk menciptakan ekosistem keuangan yang interconnected secara seamless. Integrasi brand Motion tidak hanya untuk mendapatkan brand recognition, tetapi juga sebagai bentuk komitmen kami mensinergikan seluruh portofolio untuk mengatasi beragam kebutuhan keuangan masyarakat,” kata Hary lebih lanjut.

Asal tahu saja, MNC Sekuritas juga memegang lisensi APERD, sehingga transaksi saham dan reksa dana juga dapat dilakukan secara praktis melalui MotionTrade.

Targetnya, MotionTrade akan menggabungkan produk dari 50 MI yang mewakili 70% total AUM di Indonesia.

Dana di Rekening Dana Nasabah dapat digunakan untuk pembelian reksa dana maupun saham. Sedangkan portofolio reksa dana juga dapat dijadikan sebagai jaminan untuk transaksi saham margin. 

“Berkat digitalisasi dan pengembangan online trading, jumlah nasabah MNC Sekuritas tumbuh hingga 598% dalam kurun waktu 5 tahun. Tentu saja, hal ini diikuti dengan nilai transaksi digital yang naik 769%. Jumlah download tumbuh 4.957%. Total pengguna aktif harian juga naik 2.567%, menjadikan MNC Sekuritas dalam 5 besar perusahaan sekuritas dengan frekuensi transaksi tertinggi. Apalagi MotionTrade sekarang memiliki kemampuan jual/beli reksa dana, kami dapat melakukan sales bundling sehingga mempercepat pertumbuhan akun nasabah. Ke depan, tidak menutup kemungkinan MotionTrade untuk memperluas jangkauan ke marketable securities lain,” tandas Susy.