Harga Minyak Dunia Teruskan Peningkatan

foto: istimewa

Pasardana.id - Harga minyak dunia meneruskan peningkatan dari sesi sebelumnya pada Rabu (2/6/2021) dipicu keputusan OPEC (Organization of the Petroleum Exporting Countries) dan negara-negara produsen minyak mentah lainnya yang tergabung dalam OPEC+ untuk mempertahankan rencana pemulihan suplai secara bertahap.

Seperti dilansir Reuters, harga minyak West Texas Intermediate (WTI) untuk pengiriman Juli 2021 naik US$1,11, atau sekitar 1,6 persen, menjadi US$68,83 per barel di New York Mercantile Exchange.

Harga minyak mentah Brent untuk pengiriman Agustus 2021 meningkat US$1,1, atau sekitar 1,6 persen, menjadi US$71,35 per barel di London ICE Futures Exchange.

Dalam pertemuan yang berlangsung Selasa (1/6/2021), OPEC+ sepakat untuk melonggarkan kesepakatan pembatasan produksi secara bertahap sampai Juli mendatang. Pertemuan berlangsung hanya 20 menit, menandakan seluruh anggota OPEC+ tidak keberatan terhadap keputusan pemulihan suplai secara bertahap.

Selain rencana OPEC+, harga minyak dunia juga terpengaruh alotnya pembicaraan kesepakatan nuklir antara Iran dan negara-negara Barat.