IFII Akan Kembangkan Pabrik Kayu Olahan Senilai Rp650 Miliar

foto : ilustrasi (ist)

Pasardana.id - PT Indonesia Fibreboard Industry Tbk (IDX: IFII) akan melakukan pembangunan perluasan pabrik MDF (Medium Density Board) atau papan olahan beserta prasarana pendukungnya, dengan nilai investasi sebesar-besarnya Rp 650 miliar.

Mengutip ringkasan rencana emiten kayu milik keluarga Hartono ini pada laman Bursa Efek Indonesia (BEI), Jumat (25/6/2021) bahwa pengembangan itu dilakukan pada areal pabrik lama di Sumatera Selatan.

Perseroan beralasan, pengembangan itu untuk menangkap peluang meningkatnya permintaan produksi MDF untuk pasar domestik dan pasar ekspor seperti Jepang dan negara-negara di kawasan Timur Tengah, yang secara bertahap meningkat setiap tahunnya.

“Perseroan merencanakan untuk membangun lagi fasilitas produksi MDF tambahan pada lokasi pabrik Perseroan untuk meningkatkan kapasitas terpasang produksi MDF keseluruhan dari sebelumnya 250.000 M3/tahun menjadi sekitar 450.000 M3/tahun,” tulis manajemen IFII.

Untuk memuluskan rencana itu, perseroan akan menarik fasilitas pinjaman kredit investasi dari Bank senilai Rp455 miliar atau 70 persen dari total investasi.

Sedangkan sisanya, dari saldo perseroan di bank sebesar Rp30 miliar dan Rp165 miliar dari utang perusahaan.

Patut diingat, nilai rencana transaksi ini lebih dari 30 persen dari ekuitas perseroan yang sebesar Rp999,5 miliar. Sehingga perlu mendapat restu pemegang saham pada Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) pada tanggal 28 Juni 2021.