SiCepat Jalin Kerja Sama dengan DMMX Kembangkan Platform Komersial UMKM di Indonesia 

foto : ilustrasi (ist)

Pasardana.id - PT SiCepat Ekspres Indonesia (SiCepat) mengumumkan kerja sama dengan PT Digital Mediatama Maxima Tbk (IDX: DMMX), anak perusahaan PT NFC Indonesia Tbk (IDX: NFCX), Grup PT M Cash Integrasi Tbk (IDX: MCAS) dalam hal Digital Cloud Ad yang tersebar pada beberapa service points SiCepat.

Kerja sama tersebut akan dikembangkan lebih luas dengan mengembangkan platform komersial untuk jaringan ritel Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) DMMX bersama jaringan logistik SiCepat serta dilakukan guna memperkuat strategi kolaborasi kegiatan digital marketing kedepannya.

CEO SiCepat Ekspres, The Kim Hai membeberkan, dengan berbagai layanan yang dimiliki oleh SiCepat dan DMMX yang semakin terintegrasi, pihaknya menjadi semakin optimis bahwa perseroan dapat memberikan kontribusi yang signifikan pada program pemberdayaan UMKM Indonesia, yang saat ini jumlahnya mencapai 62 juta, untuk Go Digital.

"Pada saat ini, SiCepat sudah melakukan investasi kepemilikan sebesar 4,5% pada DMMX. Kami berencana untuk memperbesar kepemilikan pada DMMX guna semakin memperkuat sinergi tersebut," beber Kim, seperti dilansir dari siaran pers, Kamis (27/5).

Dalam kemitraan tersebut, SiCepat Ekspres melalui platform commerce enabler milik SiCepat Group, akan memberikan dukungan penuh dalam pengadaan pasokan (supply) groceries/raw materials/supplies kepada UMKM yang tergabung dalam jaringan DMMX.

Aktivitas pengadaan pasokan tersebut akan didukung oleh layanan logistik terintegrasi SiCepat Ekpres.

Bersama DMMX, UMKM akan diberikan pengembangan e-commerce dan marketplace serta pemasangan Digital Marketing / Digital Cloud Advertising pada titik-titik UMKM tersebut.

Presiden Direktur DMMX, Budiasto Kusuma menambahkan, pihaknya senang dapat bermitra dengan SiCepat untuk semakin memperkuat para mitra UMKM dalam mengikuti pertumbuhan era digital yang cepat.

"Berbagai solusi yang diimplementasikan di antaranya untuk memperkuat layanan e-commerce dan marketplace serta pemasangan Digital Marketing / Digital Cloud Advertising dari DMMX. Terdapat potensi efek jaringan yang luar biasa yang dapat diwujudkan dari harmonisasi jaringan pemasaran DMMX dengan kemampuan logistik SiCepat," ungkap Budiasto.

Sampai dengan tahun 2021, SiCepat telah memberikan kontribusi layanan pengiriman yang signifikan pada pertumbuhan pelaku UMKM online di Indonesia.

Hal tersebut ditandai dengan lebih dari 6 juta seller menggunakan layanan SiCepat Ekspres dan diprediksi akan tumbuh 35% pada akhir tahun 2021. 

Sementara itu, jaringan UMKM DMMX juga terus mengalami pertumbuhan yang pesat.

Per 2020, DMMX sudah berhasil melakukan digitalisasi pada 83.881 UMKM, atau tumbuh 67% YoY dibanding 50.182 UMKM pada tahun 2019.