Kuartal I 2021, MAPI Bukukan Laba Bersih Rp18,5 Miliar

foto : ilustrasi (ist)

Pasardana.id - PT Mitra Adiperkasa Tbk (MAP, IDX: MAPI), perusahaan ritel gaya hidup terkemuka di Indonesia, mengumumkan pencapaian kinerja kuartal pertama yang berakhir pada 31 Maret 2021 dengan membukukan penjualan bersih sebesar Rp4,3 triliun dan margin laba kotor tercatat sebesar 41,7%.

Sementara laba usaha tercatat Rp187,6 miliar, EBITDA Rp727 miliar, sedangkan laba bersih Rp18,5 miliar.

MAPI mencatatkan laba sebelum pajak kuartal pertama terbaik selama 2 tahun di tengah bangkitnya minat belanja masyarakat di seluruh kategori produk mulai dari segmen Fashion, Sports, Lifestyle, Kids, Digital hingga Food & Beverage.

Perseroan yang menerapkan strategi Unified Retail ini menegaskan, bahwa penjualan produk baru di gerai offline-nya terus menguat seiring dengan meningkatnya jumlah pengunjung mal secara bertahap.

Sementara itu, penjualan digital memberikan kontribusi 10,9% terhadap total penjualan, jumlah tersebut meningkat hampir 300% dibandingkan tahun lalu.

Penjualan kuartal pertama tahun 2021 hampir menyamai pencapaian pada periode yang sama di tahun 2019 sebesar Rp4,7 triliun, didukung oleh meningkatnya keyakinan publik setelah vaksin Covid-19 mulai didistribusikan.

Kinerja perusahaan mengalami sedikit penurunan terutama disebabkan oleh tantangan pada rantai pasokan dan langkah-langkah pengendalian jarak sosial dan pandemi yang diberlakukan oleh pihak berwenang.

Inventory baru dalam segmen Specialty terdampak oleh penjualan yang melampaui ekspektasi selama kuartal ke-4 dan Tahun Baru Imlek, sehingga ketersediaan produk MAP mengalami kekurangan.

Pengiriman mulai membaik pada pertengahan Maret dan perusahaan melihat tren peningkatan untuk kuartal ke-2.

Selain itu, pembatasan jam operasional mal yang berlangsung di bulan Januari dan Februari mengurangi jumlah pengunjung di gerai specialty, sementara pembatasan kapasitas 25% yang diberlakukan pada pengunjung restoran mengurangi optimalisasi penjualan F&B.

Kendala pada ketersediaan produk baru berdampak negatif pada margin laba kotor segmen usaha specialty perusahaan.

Hal ini mengakibatkan berkurangnya peluang penjualan serta kesempatan optimalisasi margin, karena perusahaan tidak dapat memaksimalkan perpaduan ideal antara produk baru dan lama.

Di sisi lain, MAP percaya bahwa kondisi sulit tersebut hanya berlangsung untuk jangka pendek, dan akan teratasi pada kuartal ke-2 bertepatan pada penjualan periode Lebaran.

Peningkatan kinerja penjualan MAP, bersamaan dengan pengurangan beban usaha secara signifikan selama tiga kuartal terakhir, menghasilkan laba yang melebihi ekspektasi.

VP Investor Relations, Corporate Communications and Sustainability MAP Group, Ratih D. Gianda mengatakan, pihaknya sangat senang dengan peningkatan fundamental yang terjadi secara menyeluruh di semua level Perusahaan.

"Bisnis masih mengalami fluktuasi sebagai dampak dari pandemi, namun tim kami telah melakukan upaya terbaik dalam melakukan efisiensi beban operasional, pembatasan order, mengurangi capital outflow, dan menata ulang bisnis kami dengan menerapkan model Unified Retail yang mengintegrasikan penjualan online dan offline,” ungkap Ratih, seperti dilansir dari laman keterbukaan informasi BEI, Senin (10/5).

Ratih menambahkan, upaya perseroan untuk menghadapi berbagai tantangan saat ini sungguh luar biasa.

"Sehingga kini perusahaan menjadi lebih efisien, siap bertumbuh dan berpotensi untuk menghasilkan ekspansi jangka panjang yang lebih menguntungkan dengan memanfaatkan integrasi gerai online, offline dan program CRM yang harmonis," imbuhnya.

Selama kuartal pertama, platform loyalty program MAP CLUB milik perusahaan berhasil meningkatkan jumlah anggotanya hampir 25% YoY.

Kontribusi anggota MAP CLUB terhadap penjualan Grup secara keseluruhan yang turut meningkat secara substansial, membuktikan manfaat dari meningkatnya keterlibatan pelanggan secara langsung.

Lebih lanjut Ratih menyatakan, seiring dengan kondisi pandemi yang berangsur membaik, pihaknya yakin bahwa cara terbaik untuk menghasilkan kinerja kuartalan yang konsisten yaitu melalui dua tahap.

"Pertama, memanfaatkan kekuatan MAP CLUB agar terhubung lebih dekat dengan para pelanggan dan memberikan apa yang mereka inginkan, di saat yang mereka inginkan, di mana pun mereka inginkan. Kedua, untuk tetap fokus pada visi jangka panjang, kami berinvestasi dalam ekspansi bisnis, merek, dan pasar, yang akan menjadi bagian dari kinerja kuartal jangka pendek kami. MAP adalah ‘Shopping for Everyone’ dan masa terbaik masih akan datang," bebernya.