Bayar Utang, Berlina Akan Right Issue 244,7 Juta Saham

foto : ilustrasi (ist)

Pasardana.id - PT Berlina Tbk (IDX: BRNA) akan menggelar Penambahan Modal Dengan Hak Memesan Efek Terlebih Dahulu (PMHMETD) atau right issue, dengan menawarkan sebanyak 244.777.500 lembar saham bernominal Rp50 per saham.

Melansir keterangan resmi emiten produsen plastik itu pada Laman Bursa Efek Indonesia (BEI), Minggu (28/3/2021) disebutkan bahwa perseroan akan menggelar Penawaran Umum Terbatas (PUT) III dalam rentang satu tahun sejak persetujuan Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) pada tanggal 4 Mei 2021 dan peryataan efektif OJK (Otoritas Jasa Keuangan).

Bagi pemegang saham yang ingin mengikuti RUPSLB, harus memastikan tercatat dalam Daftar Pemegang Saham pukul 16.00 JATS tanggal 9 April 2021.

Rencananya, dana hasil PUT III itu akan digunakan untuk melunasi pinjaman dan belanja modal serta modal kerja.

Adapun pinjaman bank yang jatuh tempo dalam satu tahun berdasarkan laporan keuangan kuartal III 2020 tercatat sebesar Rp207,74 miliar.

Sehingga perseroan menilai rencana right issue  akan berpengaruh positif terhadap kondisi keuangan konsolidasi Perseroan dan perusahaan anak.

Jelasnya, akan memperbaiki struktur permodalan dengan adanya penurunan pinjaman, meningkatkan aset tetap dengan adanya belanja modal, serta menambah kas untuk keperluan modal kerja.

Namun bagi pemegang saham yang tidak melaksanakan HMETD-nya akan terdilusi porsi kepemilikannya sebanyak-banyaknya 20 persen.